Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada SMP Negeri 3 Monta

Authors

  • Nurlaela STKIP TAMAN SISWA BIMA
  • Ahyar STKIP Taman siswa
  • Ramdani Purnamasari STKIP Taman siswa

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v11i2.3033

Keywords:

E-learning. Google Sites. Literasi Digital. Media Pembelajaran. SMP Negeri.

Abstract

Abstrak                                                                                                                         

Dalam era digital saat ini, kemampuan literasi digital menjadi kebutuhan penting bagi peserta didik agar dapat memanfaatkan teknologi secara produktif dan bertanggung jawab. Namun, masih banyak sekolah yang belum secara optimal memanfaatkan media pembelajaran digital.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning berbasis Google Sites dalam meningkatkan literasi digital peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Monta. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluationti). Subjek penelitian sebanyak 15 peserta didik dipilih berdasarkan hasil observasi awal. Instrumen penelitian berupa angket literasi digital, lembar validasi ahli materi dan media, serta tes pretest dan posttest. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 46 (92%) dengan kategori sangat layak, sedangkan validasi dari dua ahli media masing-masing memperoleh skor 70 (87,5%) dan 61 (76,25%) yang dikategorikan sangat layak dan layak. Jika dirata-rata, media memperoleh persentase kelayakan sebesar 85,25% dari ketiga validator, sehingga media ini termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Angket literasi digital menunjukkan bahwa seluruh peserta didik memperoleh skor antara 90%–98% dengan kategori “Sangat baik”. Uji efektivitas melalui N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,714 dengan kategori tinggi. Hasil ini membuktikan bahwa media e-learning berbasis Google Sites valid berdasarkan lembar validasi ahli, praktis menurut hasil angket peserta didik, dan efektif berdasarkan hasil pretest dan posttest menggunakan uji N-Gain, dalam meningkatkan literasi digital peserta didik di SMP Negeri 3 Monta.

Kata Kunci: E-learning. Google Sites. Literasi Digital. Media Pembelajaran. SMP Negeri.

 

Abstract

In the current digital era, digital literacy skills are essential for students to utilize technology productively and responsibly. However, many schools have not yet fully optimized the use of digital learning media.This study aims to develop a Google Sites-based e-learning media to improve the digital literacy of seventh-grade students at SMP Negeri 3 Monta. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The research subjects consisted of 15 students selected based on initial observations. The research instruments included a digital literacy questionnaire, expert validation sheets for content and media, as well as pretest and posttest assessments. The validation results from the content expert obtained a score of 46 (92%) categorized as "very feasible," while the validation from two media experts obtained scores of 70 (87.5%) and 61 (76.25%), categorized as "very feasible" and "feasible," respectively. On average, the media received a feasibility percentage of 85.25% from the three validators, placing it in the "very feasible" category for use in learning activities. The digital literacy questionnaire showed that all students achieved scores between 90%–98%, falling into the "good" category. The effectiveness test using the N-Gain showed an average increase of 0.714, classified as "high." These results indicate that the Google Sites-based e-learning media is valid based on expert validation sheets, practical according to student questionnaires, and effective based on pretest and posttest results using the N-Gain test in improving students’ digital literacy at SMP Negeri 3 Monta.

Keywords: E-learning, Google Sites, Digital Literacy, Learning Media, Junior High School.

References

R. Romi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 3019–3026, 2021, doi: 10.31004/jptam.v5i2.1335.

H. Hernawan, “Efektivitas Penggunaan Digital Book Interactive Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Fisiologi Hewan Di Program Studi Pendidikan Biologi Stkip Garut,” J. Petik, vol. 2, no. 1, p. 21, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v2i1.62.

N. Selwyn, Education and Technology: Key Issues and Debates, 2nd ed. London: Bloomsbury, 2020.

A. Nuralizza, Z. Rahmawati, and D. Huda, “Effectiveness of web based learning media: a meta analysis,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, no. 2, pp. 20319–20329, 2024.

L. Febrinanda and A. Ardi, “Meta analisis: Validitas dan praktikalitas modul berbasis discovery learning,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, no. 1, pp. 8008–8017, 2024.

A. Rohmawati, I. Holisin, and F. Kristanti, “Model pembelajaran blended learning: kajian meta analisis,” JPMI, 2024.

Mauri Adisti, Mahwar Qurbaniah, and Hanum Mukti Rahayu, “Efektivitas Media Articulate Storyline Terhadap Minat dan Retensi Siswa Pada Materi Biologi SMA Taman Mulia,” Qalam J. Ilmu Kependidikan, vol. 12, no. 2, pp. 23–32, 2023, doi: 10.33506/jq.v12i2.2707.

N. A. Darojah and M. Cholik, “Efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Sites untuk meningkatkan hasil belajar,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 12, no. 2, 2023.

W. P. Handina and C. Z. L. Parisu, “Pengaruh Penggunaan Media Digital Berbasis Quizizz terhadap Peningkatan Keterlibatan Siswa Sekolah Dasar,” Arus J. Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 23–30, 2025.

A. Prayudi and A. A. Anggriani, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web menggunakan Google Sites untuk meningkatkan prestasi belajar siswa,” J. Pendidik. dan Media Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 9–18, 2022.

R. Arliza, I. Setiawan, and A. Yani, “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android materi budaya nasional dan interaksi global pendidikan geografi,” J. Petik, vol. 5, no. 1, pp. 77–84, 2019.

D. R. Raharjo, A. S. Purnami, and S. Bukhori, “Peningkatan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan media pembelajaran Google-Sites,” Literal Disabil. Stud. J., vol. 2, no. 2, pp. 12–21, 2024.

A. W. Wulandari, L. Hakim, and R. Sulistyowati, “Pengaruh multimedia interaktif berbasis Google Sites pada materi usaha dan energi untuk peningkatan hasil belajar siswa,” J. Lumin. Ris. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 2, pp. 83–88, 2022.

A. Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2019.

H. Ferdy Kowarin and R. Efendi, “Efektivitas Penggunaan E-Modul Pelajaran TIK Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar,” J. Petik, vol. 11, no. 1, pp. 99–113, 2025, doi: 10.31980/petik.v11i1.1657.

A. S. Sadiman, R. Rahardjo, A. Haryono, and R. Rahardjo, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2020.

H. Maulida and P. Sinaga, “Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis android berorientasi keterampilan berpikir kritis,” PETIK J. Pendidik. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 5, no. 1, pp. 70–76, 2019.

Munir, Pembelajaran Digital: Konsep dan Implementasi E-learning. Bandung: Alfabeta, 2017.

A. L. Anggraini, “Efektivitas Pembelajaran E-learning Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI-IPS SMA Al-Hasra Kota Depok Tahun Pelajaran 2020-2021,” FITK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2020.

M. Amin, M. Y. Trida Tahu, and R. Angghita Putri, “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sistem Bilangan pada Mahasiswa di FKIP UNPAR,” J. Petik, vol. 11, no. 1, pp. 51–61, 2025, doi: 10.31980/petik.v11i1.2484.

D. S. Adzkiya and M. Suryaman, “Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD,” Educ. J. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 20–31, 2021.

A. D. Putri, R. Kurniawan, and M. R. Sari, “Pengembangan Media Google Sites dalam Pembelajaran Berbasis Proyek,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 1–12, 2022.

W. Ng, “Can we teach digital natives digital literacy?,” Comput. Educ., vol. 59, no. 3, pp. 1065–1078, 2012, doi: 10.1016/j.compedu.2012.04.016.

Z. Ismuwardani, F. B. Dole, and H. H. Sholeha, “Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Kolaboratif pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 5, no. 2, pp. 143–150, 2024.

R. Handayani, N. Fauziyah, and D. Novitasari, “Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites pada materi sistem pencernaan manusia untuk kelas VIII SMP,” J. Pendidik. Biol. Indones., vol. 7, no. 1, pp. 8–17, 2021.

I. W. Widiana, “Dampak Penggunaan E-learning Berbasis Asesmen Proyek Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 162–172, 2022.

A. Martin, “Digital literacy and the ‘digital society,’” in Digital Literacies: Concepts, Policies and Practices, C. Lankshear and M. Knobel, Eds., New York: Peter Lang Publishing, 2020, pp. 151–176.

C. Jendra, W. P. Rahayu, and E. T. D. R. W. Wardhana, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa (Pada Mata Pelajaran Administrasi Transaksi Kelas XI BDP SMK Islam Batu),” J. MIPA dan Pembelajarannya, vol. 4, no. 3, p. 2, 2024.

Downloads

Published

2025-09-17

How to Cite

Nurlaela, Ahyar, & Purnamasari, R. (2025). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Literasi Digital Pada SMP Negeri 3 Monta. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 138–148. https://doi.org/10.31980/petik.v11i2.3033