Pengaruh Media Pembelajaran Digital Math Maze Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Di SD Kristen Harmony Kupang
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v11i2.3042Keywords:
Digital Learning Media, Math Maze, Learning Outcomes, Mathematics, FractionsAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran digital Math Maze terhadap hasil belajar matematika materi pecahan di kelas V SD Kristen Harmony Kupang. Permasalahan utama dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya keterlibatan aktif, serta minimnya media interaktif dan inovatif. Math Maze, sebagai game edukatif digital, diharapkan dapat meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa dalam mempelajari materi yang abstrak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas: kelompok eksperimen (15 siswa, menggunakan Math Maze) dan kelompok kontrol (15 siswa, metode konvensional). Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, gain score, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Math Maze memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (84,67) lebih tinggi daripada kelompok kontrol (72,40), dengan gain ternormalisasi 0,56 (kategori sedang). Uji-t menunjukkan perbedaan signifikan (Sig. = 0,000 < 0,05), serta persepsi siswa turut memengaruhi peningkatan hasil belajar.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Digital; Math Maze; Hasil Belajar; Matematika; Pecahan
Abstract
This study aims to determine the effect of digital learning media Math Maze on mathematics learning outcomes on fraction material in grade V of SD Kristen Harmony Kupang. The main problems in mathematics learning are low student learning outcomes, lack of active involvement, and minimal interactive and innovative media. Math Maze, as a digital educational game, is expected to increase students' interest, motivation, and understanding in learning abstract material. This study uses a quantitative approach with a quasi-experimental method and a pretest-posttest control group design. The sample consisted of two classes: the experimental group (15 students, using Math Maze) and the control group (15 students, conventional method). Data collection was carried out through learning outcome tests, observations, interviews, and documentation. Data analysis included validity, reliability, normality, homogeneity, t-test, gain score, and simple linear regression tests. The results showed that Math Maze had a positive and significant effect on learning outcomes. The average posttest score of the experimental group (84.67) was higher than the control group (72.40), with a normalized gain of 0.56 (moderate category). The t-test showed a significant difference (Sig. = 0.000 < 0.05), and student perceptions also influenced the improvement of learning outcomes.Keywords: Digital Learning Media; Math Maze; Learning Outcomes; Mathematics; Fractions
References
M. Hani, Karlimah, and I. F. Apriani, “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Pecahan Senilai di Kelas IV SD,” Syntax Idea, vol. 6, no. 3, 2024. [Online]. Available: https://www.jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/3109
E. A. Elisa and K. Yuliana, “Pengembangan Game Edukasi Math Maze Berbasis Multimedia Interaktif Konversi Pecahan Desimal Kelas IV SD,” Jurnal Elementa PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, vol. 3, no. 3, pp. 41–57, 2021.
Y. Alfiyana, D. Serani, and A. Fricticarani, “Efektivitas Pemanfaatan Video TikTok Sebagai Media Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Era Literasi Digital,” Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 32–43, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.546
A. Arsyad, *Media Pembelajaran*, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2021.
F. Rozi and A. Rohman, “Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (SAC) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Berpikir Komputasional,” Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 15–31, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.545
K. A. N. Imania, Y. Purwanti, S. H. Bariah, and V. Septiani, “Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook pada Materi Aplikasi Perkantoran Mata Pelajaran Informatika di SMPN 6 Garut,” Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 1, pp. 41–50, 2025
Munir, *Pembelajaran Digital: Konsep dan Aplikasi*, Bandung: Alfabeta, 2017.
L. W. Anderson and D. R. Krathwohl, *A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives*, New York: Longman, 2024.
D. Oktaviani and A. Nuryadi, "Penerapan Media Math Maze untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika," *Jurnal Inovasi Pendidikan*, vol. 8, no. 3, pp. 203–210, 2021.
R. Azkia, N. Fatimah, and R. A. Nugroho, "Pengaruh Media Digital Terhadap Hasil Belajar Matematika: Sebuah Meta-Analisis," *Jurnal Pendidikan Matematika*, vol. 14, no. 2, pp. 113–124, 2023.
K E N. Nahak, "Pengaruh Media Interaktif terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD," *Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar*, vol. 5, no. 1, pp. 45–55, 2023.
S. H. Bariah and D. Pradina, “Implementasi SDLC Model Prototype pada Sistem Informasi Company Profile SMP PGRI Bungbulang Berbasis Website,” Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 1, pp. 85–97, 2024. [Online]. Available: https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.1030
S. Arikunto, *Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik*, Edisi Revisi, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
N. Rahmi, “Perancangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Assembler Edu di SMP Negeri 2 Bukittinggi,” Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 11, no. 1, pp. 21–40, 2025. [Online]. Available: https://doi.org/10.31980/petik.v11i1.1681
A. Enjelika and D. Ritonga, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Puzzle Materi Pecahan SD Kelas II,” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 4053–4062, 2023