Penerapan Model Pembelajaran Visual Dengan Berbantuan Media Flipbook Pada Motivasi Belajar Siswa Mata pelajaran Informatika Kelas VII SMPN 2 Ciwaru
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v11i2.3159Keywords:
model pembelajaran visual, flipbook, motivasi belajarAbstract
Abstrak
Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran visual dengan menggunakan media Flipbook terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil kuesioner perbandingan rata-rata sebesar 9,83% dengan nilai pretest 17,72% menjadi 20,08%. Selain meningkatnya motivasi belajar siswa, hasil nilai belajar siswa juga meningkat dilihat dari rata-rata kelas eksperimen sebesar 87,40 dan kelas kontrol 78,84, sehingga diketahui rentang kenaikan skor akhir kelas eksperimen lebih besar 8,56 dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil analisis data uji paired sample t-test motivasi belajar siswa menggunakan software SPSS 26 didapatkan nilai thitung > ttabel yaitu u 3.892 > 1.71088 dan 22.126 > 2,068 dengan sig (2 tailed) = 0,000 < 0,05. Ho ditolak dan Haditerima yang berarti bahwa penerapan Model pembelajaran visual dengan menggunakan media Flipbook berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 2 Ciwaru.
Kata kunci : Model Pembelajaran Visual; Flipbook; Motivasi Belajar.
Abstract
The method used in this research is Quasi-Experimental with a Non-equivalent control group design. The sampling technique used purposive sampling, selecting class VII B as the experimental class and VII C as the control class. Data collection used tests and questionnaires. Based on the research results, it can be concluded that the application of the visual learning model using Flipbook media affects student learning motivation. This is known from the questionnaire results, where the average ratio increased by 9.83% from a pretest value of 17.72% to 20.08%. Besides increasing student learning motivation, student learning outcomes also increased, as seen from the average score of the experimental class being 87.40 and the control class 78.84, indicating that the increase in the final score for the experimental class was 8.56 higher than the control class. The results of the paired sample t-test data analysis for student learning motivation using SPSS 26 software showed a t-count value > t-table, which is 3.892 > 1.71088 and 22.126 > 2.068 with a sig (2 tailed) = 0.000 < 0.05. Ho is rejected and Ha is accepted, meaning that the application of the visual learning model using Flipbook media has an effect on the learning motivation of seventh-grade students in Informatics at SMP Negeri 2 Ciwaru.
Keyword: Visual Learning Model; Flipbook; Learning Motivation
References
A. S Narestuti, D. Sudiarti and U. Nurjanah, "Penerapan Media Pembelajaran Digital Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa," Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 2, no. 6, p. 305–317, 2021.
R. Juliani & N. Ibrahim, "Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar.," LSE (Elementary School Education Journal), vol. 1, no. 7, p. 20–26, 2023.
A. D. R. Tati, "Pengaruh penggunaan Flipbook terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar," Jurnal riset pendidikan dan pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1-8, 2024.
R. G. &. A. M. Y. Siringoringo, "Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital," Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, vol. 3, no. 2, p. 66–76, 2024.
F. N. Cholis. &. D. L. Setiawan, "Penerapan Metode Pembelajaran Positivisme Menggunakan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan asil Belajar Siswa Kelas XI SMK Plus Pertiwi.," Jurnal Intelektual Indo-MathEdu, vol. 5, no. 5, pp. 5742-5752, 2024.
E. R. N. &. K. A. Prisila, "Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Panduan Praktikum Sequence Of Service Pada Mata Kuliah Tata Hidang.," Risenologi, vol. 6, no. 2, pp. 9-16, 2021.
R. &. B. M. K. Roemintoyo, "Flipbook as Innovation of Digital Learning Media: Preparing Education for Facing and Facilitating 21st Century Learning.," Journal of Education Technology, vol. 1, no. 5, p. 8, 2021.
S. Rahman, "Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar," Merdeka Belajar,, p. 289–302., 2021.
G. Meilinda, C. Sunaeningsih, and A. Sujana, "Penggunaan Media Flipbook Digital untuk Meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V sekolah Dasar Materi Cahaya dan Sifatnya," AoEJ, vol. 15, no. 1, pp. 978-990, 2024
A. D. R. Tati, "Pengaruh penggunaan Flipbook terhadap motivasi belajar siswa di sekolah dasar," Jurnal riset pendidikan dan pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1-8, 2024.
H. Awwaliyah, R. Rahayu, &. A. Muhlisin, "Pengembangan E-modul berbasis Flipbook Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP tema cahaya," IJNSE, vol. 4, no. 2, pp. 516-523, 2021.
P. Wibowo, "Pengembangan bahan ajar mebnggunakan aplikasi kvisoft Flipbook maker materi himpunan desimal," jurnal matematika, vol. 5, no. 2, pp. 147-156, 2018.
H. Fendy Kowarin dan R. Efendi, "Efektivitas Penggunaan E-Modul Pelajaran TIK Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Kabupaten Kepulauan Tanimbar," PETIK, vol. 11, no. 1, p. 99–113, 2025.
D. I. Putri dan R. Muthmainnah, "Pengembangan E-Modul (Modul Digital) Berbasis Literasi Visual Pada Mata Kuliah Botani Phanerogamae," PETIK, vol. 8, no. 2, p. 144–156, 2022.
M. Kahfi, E. Srirahayu, and Nurparida, "Penerapan Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA," PETIK, vol. 7, no. 1, p. 63–70, 2024.