ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

Iman Nasrulloh, Ali Ismail

Abstract


Penggunaan ICT sudah diterapkan mulai dari
jenjang pendidikan dasar, menengah, sampai ke perguruan
tinggi. Needs assessment dilaksanakan untuk mengevalusi
perencanaan program yang telah dilaksanakan dan untuk
memperbaiki perencanaan program selanjutnya berkaitan
dengan proses pembelajaran (desain, pengembangan,
pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi). Penelitian ini
digunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,
angket guru dan siswa. Pelaksanaan mengajar diperoleh data
sebesar (77.6%) konvensional (tatap muka). Tingginya
pelaksanaan pembelajaran konvensional (tatap muka)
dikarenakan penyusunan bahan ajar yang lebih praktis
dibandingkan dengan pembelajaran berbasis online (web based
learning). Siswa sangat setuju terhadap pembelajaran berbasis
online (web based learning) 85.1%. Perumusan tujuan
pembelajaran khusus hanya meliputi audience dan behavior.
Metode mengajar umumnya guru menerapkan metode ceramah
menggunakan media slide power point yang disajikan melalui
proyektor. Pengelolaan ICT diwujudkan adanya koordinator
yang bertanggung jawab atas peralatan dan kelengkapan.
Faktor-faktor yang dibutuhkan dalam pembelajaran berbasis
ICT, yaitu: 1) kemampuan merancang pembelajaran berbasis
online; 2) Pelaksanaan pelatihan guru; 3) kemampuan
menerapkan konsep pada situasi baru dengan cara yang
berbeda; 4) menjadikan sekolah sebagai organisasi belajar; 5)
Sekolah mampu mengelola dalam merencanakan,
mengorganisasikan, pengkoordinasian dan supervisi; 6)
kemampuan untuk memecahkan permasalahan dengan langkah
yang sistematis dalam desain pembelajaran; 7) kemampuan
untuk mengembangkan dan mengevaluasi produk


Full Text:

PDF

References


AECT. 1977. The Definition of Educational

Technology. Washington D.C.:AECT

Darmawan, D., (2012). Inovasi Pendidikan.

Bandung PT Remaja Rosdakarya _______., (2015).

Teknologi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja

RosdaKarya

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar.

Bandung: Bumi Aksara.

Heinich, et al. 1996 Instructional Media and

Technologies for Learning. NewJersey: PrinticeHall, Inc.

Lockheed, M.E. and Hanushek, E.A. 1996.

“Concepts of Educationa Efficiency and

Effectiveness”. InternationalEncyclopedia of

Educational Technology. New York: Pergamon.

Miarso, Yusuf Hadi. 1987. Landasan Falsafah dan

Teori Teknologi Pendidikan. Jakarta: Fakultas

Pasca SarjanaUNJ.

Reiser, Robert A. & Dempsey, John V. 2002. Trends

and Issues in Instructional Design and

Technology. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Smaldino, E. Sharon dkk. (2008). Instructional

Technology and Media for Learning. Upper Saddle

River, New Jersey Columbus, Ohio. Ninth

Edition

Sanjaya, Wina., (2009). Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Kencana, Prenada Media

Group.

Sardiman., (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suparman, Atwi. 2001. Desain Intruksional.

Jakarta: Pengembangan Aktivitas Intruksional,

Dirjendikti, Depdiknas. _______., (2004).

Desain Instruksional. Jakarta: Pusat Penerbitan

Universitas Terbuka

Senge, Peter M. 1994. The Fifth Discipline:The Art

And Practice Of The Learning Organization.

Doubleday, a division of Bantam Doubleday Dell

Publishing Group, Inc. United States of

America

Sugiyono., (2010). Metode Penelitian Pendidikan.

Bandung: Alfabeta. ________.,(2011). Metode

Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Surya, Mochamad., (2004). Psikologi Pembelajaran

dan Pengajaran. Bandung, Pustaka Bani Quraisy.

Suyanto. 2001. Refleksi dan Reformasi

Pendidikandi Indonesia Memasuki Milenium III.

Yogyakarta: Adicita.

UNESCO. 2004. Integrating ICTs in Education:

Lessons Learned. Bangkok:UNESCO PBL______.

Developing and Using Indicators of ICT

Use in Education. Bangkok: UNESCO PBL.

Warsita, Bambang., (2008). Teknologi

Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.Jakarta:

Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License