RANCANGAN PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING

kuntum annisa imania, Siti Khusnul Bariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah rancangan pengembangan (blueprint) dalam pembuatan instrumen pembelajaran berbasis Daring. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk memudahkan cara pembuatan instrument pembelajaran yang sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran dan berorientasi pada tujuan yang akan di capai dalam pembelajaran tersebut. Instrument pembelajaran berbasis daring ini bermaksud agar agat di akses oleh peserta didik secara lebih fleksibel tanpa terbatas ruang dan waktu, lebih efektif dan diharapkan juga dapat lebih efesien dalam penyelenggaraannya. Metode Peneitian yang digunakan adalah R & D, tetapi hanya sampai tahap perancangan saja, metode pengembangan ini menggunakan model pengembangan pembelajaran yang dikemukakan oleh Borg and Gall, Dick & Carrey dan J. Moonen. Hal ini dilakukan karena yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah sebuah rancangan produk pengembangan instrumen tes pembelajaran. Adapun tahapan dalam pengembangan rancangan instrument tes pembelajaran adalah : (1)analisis kebutuhan, (2) perencanaan Produksi Perancangan Pengembangan Instrumen tes Pembelajaran, dalam hal ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall, Dick & Carrey dan J. Moonen (3) validasi, evaluasi dan revisi model,  meliputi : telaah pakar dan evaluasi one to one (4) Implementasi Model, dilakukan dengan menggunakan desain eksperimental.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara: Jakarta.

Brady, L. (1990). Curriculum Development. Sydney : Prentice Hall of Australian Limited.

Callon, JD. (1996). Competitive Advantage Through Information Technology. California : The McGraw-Hill Coimpanies, Inc.

Chaeruman, U. A. (2017). PEDATI - Model Desain Sistem Pembelajaran Blended. Jakarta: Kemenristekdikti.

Goksu, I. 2016. The Evaluation of the Cognitive Learning Process of the Renewed Bloom Taxonomy Using a Web Based Expert System. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology – October 2016, volume 15 issue 4, 135-151

Levin, James & James F. Nolan, (1993). Classroom Management. New York: Prentice Hall-Inc.

Llyod, S.B., and Dugan, L. (1995). The Training and Development Sources Book. Massachusetts: HRD Press and Publication.

Priyanto, Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer, Jakarta: INSANIA, 2009.

M. David Miller , Robert L. Linn, Gronlund. (2009). Measurement and Assessment in Teaching. Texas: Pearson.

Purwanti, Endang et all. (2002). Perkembangan Peserta Didik. Malang: UMM Press.

Resiser A. Robert & Dick Walter.(1996). Instructional Planning : a Guide for Teacher. Boston:A Simon and Schuter Company

Safaria, Triantoro. (2005). Autisme Pemahaman Baru Untuk Hidup Bermakna. Yogyakarta: Graha Ilmu

Smart, Aqila. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat: Metode Pembelajaran dan Terapi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Katahati

Sutadi, Rudy et all. (2003). Penatalaksanaan Holistik Autisme, Pusat informasi dan Penerbitan Bagian Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: FK UI.

Tafqihan, Z. (2011). Karakteristik dan Pemilihan Media Pembelajaran dalam E-Learning. Jurnal Cendekia Volume 2 Nomor 9 tahun 2011, hal: 141-154, ISSN: 2477-796X.

Thiagarajan, et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. A Sourse Book. Bloomington: Central for Innovation on Teaching The Handicapped

Vaughan, Tay, Multimedia: Making It Work. 8th Edition, New York : McGraw-Hill, 2011.

Wahyuningrum, Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika “Pembelajaran ICARE (Inroduction, Connect, Apply, Reflect, Extend) Dalam Tutorial Online Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa UT”, STKIP Siliwangi Bandung, Vol 4, No.2, September 2015, hlm.185.




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License