Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (SAC) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Berpikir Komputasional
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.545Keywords:
Smart App Creator, APlikasi, Berpikir Komputasi, Media PembelajaranAbstract
Abstrak
Tujuan pendidikan yang lebih efektif dan efisien diperlukan sarana dan prasarana yang saling melengkapi, yang mengarah kepada teknologi dan media. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model Lee & Owens. model ini ada 5 tahap pengembangan yaitu: (1) penilaian/analisis (assessment/analysis) yang meliputi analisis kebutuhan (need assessment) dan analisis awal akhir (front-end analysis), (2) desain (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation).Hasil penilaian dari ahli media dapat dinyatakan bahwa media yang dikembangkan telah mencapai kriteria yang sangat layak dengan nilai rata-rata 92%, serta penilaian dari ahli materi dengan nilai rata-rata 96%, dari hasil uji coba kelompok kecil 90% dan kelompok besar 93%. Dalam penelitian ini, analisis kebutuhan (need analysis) dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini dipilih karena mampu memberikan pemahaman mendalam tentang kebutuhan belajar siswa dalam materi berpikir komputasional. Hasil analisis kebutuhan kemudian direkap dengan cermat. Data-data dari wawancara dan observasi diorganisasikan dan diurai secara rinci. Temuan-temuan utama, seperti aspek-aspek yang perlu ditingkatkan dalam pembelajaran, dijelaskan dalam rekapitulasi ini. Rekapitulasi tersebut memberikan dasar yang kuat dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis SAC (Student-Centered Active Learning) yang sesuai dengan kebutuhan dan harapan siswa kelas VII di SMP Hasanuddin Kanigoro.
Kata Kunci — Smart Apps Creator; Aplikasi; Berpikir Komputasional; Media Pembelajaran.
Abstract
The goal of more effective and efficient education requires complementary facilities and infrastructure, which leads to technology and media. The development model used in this research is the Lee & Owens model. This model has 5 development stages, namely: (1) assessment/analysis which includes needs analysis and front-end analysis, (2) design, (3) development (development), (4) implementation (implementation), and evaluation (evaluation). The results of the assessment from media experts can be stated that the media developed has reached very feasible criteria with an average score of 92%, as well as an assessment from material experts with a score average 96%, from small group trial results 90% and large group 93%. In this research, needs analysis was carried out using a qualitative approach. This approach was chosen because it is able to provide a deep understanding of students' learning needs in computational thinking material. The results of the needs analysis are then carefully summarized. Data from interviews and observations were organized and described in detail. The main findings, such as aspects that need to be improved in learning, are explained in this recapitulation. This recapitulation provides a strong basis for developing SAC (Student-Centered Active Learning) based learning media that suits the needs and expectations of class VII students at Hasanuddin Kanigoro Middle School.
Keywords—Smart Apps Creator; Applications; Computational Thinking; Learning Media
References
P. P. Arifin, N. E. A. F. S. B. Matondang, D. D. Pratiwi, And R. Reymundus, “Inovasi Media Pendidikan Di Indonesia,” Jira J. Inov. Dan Ris. Akad., Vol. 2, No. 9, 2021, Doi: 10.47387/Jira.V2i9.225.
N. Syafaat, “Pemrograman Aplikasi Mobilesmartphone Dan Tablet Pc Berbasis Android.,” J. Tek. Inform., Vol. 11, No. 1, 2018.
V. N. Hikmah And I. Purnamasari, “Pengembangan Video Animasi ‘Bang Dasi’ Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar,” Mimb. Sekol. Dasar, Vol. 4, No. 2, 2017, Doi: 10.53400/Mimbar-Sd.V4i2.6352.
Hapsari, G. P. Puspita, And Zulherman, “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa,” Basicedu, Vol. 5, No. 4, Pp. 2384–2394, 2021.
I. Ratnafuri And Muslihati, “Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning Dalam Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19,” Pros. Semin. Bimbing. Dan Konseling, 2020.
I. Suryani, Y. Mardiati, And Y. Herlanti, “Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia,” Edusains, Vol. 8, No. 2, 2019, Doi: 10.15408/Es.V8i2.1823.
Afriza, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android. Jambi: Pustaka Pelajar, 2019.
I. T. M. Pratiwi And R. I. Meilani, “Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, Vol. 3, No. 2, 2018, Doi: 10.17509/Jpm.V3i2.11762.
S. I. Prahesti And S. Fauziah, “Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Kearifan Lokal Kabupaten Semarang,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 6, No. 1, 2021, Doi: 10.31004/Obsesi.V6i1.879.
L. Aldila, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smart Apps Creator,” הארץ, No. 8.5.2017, 2022.
T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., Vol. 2, No. 2, 2018, Doi: 10.32585/Jkp.V2i2.113.
Sutejo And Yogi Ersan Fadrial, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator Di Smk Negeri 2 Pinggir,” J-Coscis J. Comput. Sci. Community Serv., Vol. 1, No. 2, 2021, Doi: 10.31849/Jcoscis.V1i2.7215.
I. M. Jannah, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Matriks Untuk Kelas X Di Smk Muhammadiyah 1 Sragen Berbasis Mobile Learning,” Fak. Kegur. Dan Ilmu Pendidik. Univ. Muhammadiyah Surakarta, Vol. 1, No. 2, 2019.
A. Astriyani And A. I. Zahra, “Inovasi Media Pembelajaran Materi Aritmatika Sosial Berbasis Mobile Android Untuk Mendukung Kemampuan Spasial Visual Siswa Smp Kelas Viii,” Emteka J. Pendidik. Mat., Vol. 2, No. 1, 2021, Doi: 10.24127/Emteka.V2i1.735.
Sumarno, “Pengantar Teknologi Informasi Dan Komunikasi Data,” Cetakan Pertama, Penerbit Uwais Inspirasi Indonesia. 2020.
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta.,” Bandung:Alfabeta. 2016.
F. A. Zahwa And I. Syafi’i, “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Equilib. J. Penelit. Pendidik. Dan Ekon., Vol. 19, No. 01, 2022, Doi: 10.25134/Equi.V19i01.3963.
L. Afriani And Y. Fitria, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Berbantuan Adobe Flash Cs6 Untuk Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., Vol. 3, No. 4, 2021, Doi: 10.31004/Edukatif.V3i4.1171.
M. R. Fadli, “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif,” Humanika, Vol. 21, No. 1, 2021, Doi: 10.21831/Hum.V21i1.38075.