Efektifitas Pemanfaatan Video Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Era Literasi Digital

Authors

  • Yulia Alfiyana Universitas Bina Bangsa
  • Dewi Serani Universitas Bina Bangsa
  • Ade Fricticarani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.546

Keywords:

Media Belajar, Minat Belajar, Video Tik Tok

Abstract

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas media video tiktok dalam meningkatkan minat belajar, karena kurangnya pemanfaatan media Interaktif yang digunakan oleh guru saat belajar, tidak diperbolehkan peserta didik menggunakan HP, proses belajar di sekolah ini masih terpaku dengan buku LKS serta hanya mata pelajaran tertentu yang menggunakan media powerpoint sehingga kurangnya pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran. Peneliti ingin memberikan ruang inovasi bagi guru untuk mengenalkan media interaktif video tik tok untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian kuantitatif deskriptif non eksperimen. Instrumen penelitian berupa angket yang berisi beberapa item pertanyaan, data hasil penelitian diolah berdasarkan prosedur teknik analisis yang sesuai dengan variabel dengan mengukur proses hasil pemberian angket selanjutnya menggunakan program SPSS 22 dengan cara memasukkan data hasil angket ataupun kuesioner dan diolah dengan menggunakan perhitungan statis. Hasil penelitian uji validitas dengan video tiktok dan minat belajar valid. Uji normalitas data memusat pada nilai rata-rata dan median atau nilai plot PP terletak digaris diagonal, Uji T t hitung > t tabel 12.592 > 1.670, artinya tolak H0. Dengan kata lain, terdapat hasil yang signifikan antara variabel x terhadap variabel y, berdasarkan hasil pengujian diatas bahwa: Sig < Alpha 0,05 dan t hitung > t tabel = Sama-sama Signifikan. R Square memiliki efektifitas terhadap persentase meningkatnya minat balajar sebesar 72,9%.

Kata Kunci Media Belajar, Minat Belajar, Video Tiktok

 

Abstract

The purpose of this study was to find out the effectiveness of tiktok video media in increasing interest in learning, due to the lack of use of interactive media used by teachers while studying, students are not allowed to use cellphones, the learning process in this school is still fixated on LKS books and only certain subjects are taught. using powerpoint media so there is minimal use of technology as a learning medium. Researchers want to provide space for innovation for teachers to introduce interactive tick tock video media to increase student interest in learning. Non-experimental descriptive quantitative research method. The research instrument was a questionnaire containing several question items, the research data were processed based on analytical technical procedures according to the variables by measuring the results of the questionnaire then using the SPSS 22 program by entering data from questionnaires or questionnaires and processing them using statistical calculations. The validity test with tick-tock videos and learning interest is valid. The normality test for normal data focuses on the mean and median values ​​or PP plot values ​​located on the diagonal line, T test t count > t table 12.592 > 1.670, meaning reject H0. In other words, there are significant results between the x variable and the y variable, based on the test results above that: Sig < Alpha 0.05 and t count > t table = Equally Significant. R Square has an effectiveness in the proportion of increased learning interest of 72 .9%.

Keywords— Learning Media, TikTok Video, Interest in Learning

References

K. Veronika, “Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Parafrase Bagi Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN SUSKA Riau,” Pemanfaat. Media Sos. Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Parafrase Bagi Mhs. Ilmu Komun. UIN SUSKA Riau, 2022.

K. Rahmadani, U. Umalihayati, and ..., “Sosialisasi Membangun Karakter Dan Etika Calon Pendidik Mahasiswa Universitas Bina Bangsa,” Batara Wisnu …, vol. 3, no. 1, pp. 229–234, 2023.

M. I. Dewi and C. Hasanudin, “Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA,” Pros. Senada (Seminar Nas. Daring), pp. 55–63, 2022.

E. T. Hutamy and et.al, “Efektivitas Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” Pendidik. Dompet Dhuafa, vol. 11, no. 2018, pp. 21–26, 2021.

A. A. P, “Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran,” Idaarah J. Manaj. Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 205, 2019, doi: 10.24252/idaarah.v3i2.10012.

E. N. A. Asdianah and T. Lestari, “Pengaruh Media Sosial Tiktok terhadap Perkembangan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. Vol. 5 No. 1 (2021): 2021, pp. 1675–1682, 2021, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1156/1036

N. Fauziyah, A. Ramadhini, K. E. Wardhana, and A. F. S. Hidayat, “Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Era Globalisasi Digital,” J. Tarb. Ilmu Kegur. Borneo, vol. 3, no. 3, pp. 181–193, 2022, [Online]. Available: http://journal.uinsi.ac.id/index.php/JTIKBorneo/article/view/592

D. fryda Lucyani, “Pembelajaran Mengabstraksi Teks Negosiasi dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Discovery Learning pada Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Bandung Tahun Pelajaran 2015/2016”.,” J. Inf., vol. 10, no. 3, pp. 1–16, 2009.

R. M. Kosanke, “Marry & John 2011,” pp. 10–37, 2019.

A. Restianty, “Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media,” Gunahumas, vol. 1, no. 1, pp. 72–87, 2018, doi: 10.17509/ghm.v1i1.28380.

D. Surani and M. Mifthahudin, “Kompetensi Guru Dan Motivasi Mengajar Guru Berpengaruh Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Smk Negeri 3 Kota Serang,” Tarbawi J. Keilmuan Manaj. Pendidik., vol. 4, no. 02, p. 149, 2018, doi: 10.32678/tarbawi.v4i02.1227.

meri puspita, “Tik Tok Adalah (Pengertian), Asal, Manfaat, Efek Negatifnya,” PojokSosmed, 2020.

Nita Oktifa, “Manfaatkan TikTok Dalam Proses Pembelajaran,” Akupintar, 2022.

Hambali, “1 . Pengertian Media Pembelajaran Penyusun : Hambali,” pp. 1–6, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, no. August. 2018.

B. A. B. Iii, “Sugiono,2017,” no. X, pp. 1–11, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatit Dan R&D, 19th ed. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung, 2013.

S. Arikunto, “Metodologi Penelitian,” pp. 42–52, 2013.

N. D. Amaliah, “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Hedonis Serta Implikasinya Terhadap Perilaku Konsumtif (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Siliwangi),” (Survei pada Mhs. Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Siliwangi) (Doctoral Diss. Univ. Siliwangi)., pp. 41–65, 2021.

Fitriana, “Media Pembelajaran,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.

Sugiyono, Buku Metode Penelitian. 2018

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Alfiyana, Y. ., Serani, D., & Fricticarani, A. (2024). Efektifitas Pemanfaatan Video Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran TIK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Era Literasi Digital. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 32–43. https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.546