Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Framework Codeigniter (Ci) Di SMPN 2 Kamang Magek

Authors

  • Elvina Novianti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Firdaus Annas Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Sarwo Derta Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Yulifda Elin Yuspita Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.547

Keywords:

Information system, codeigniter framework,, point recording

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan sistem pencatatan poin pelanggaran siswa yang masih manual sehingga data rentan hilang. Berdasarkan hasil wawanacara yang dilakukan bersama guru BK dan wali kelas di sekolah tersebut mengatakan bahwa sekolah masih menggunakan sistem manual dalam pencatatan poin pelanggaran siswa, dan hasil pencatatan pelanggaran siswa yang manual sehingga rentan hilang akibat penggunaannya. Selain itu, guru kurang hati-hati dalam memberikan surat persetujuan pemanggilan orang tua, dan sistem pencatatan poin pelanggaran siswa di sekolah. Data pelanggaran siswa di SMP Negeri 2 Kamang Magek tidak diolah kembali sehingga menyebabkan guru di sekolah tersebut kurang efisien dalam penggunaan buku. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) digunakan. Strategi pengembangan Richey dan Klein khususnya PPE (Planning, Production, and Evaluation). Dalam penelitian ini, peneliti melakukan tiga uji produk yaitu uji validitas dari tiga orang ahli dengan nilai 0,77 kategori valid, uji praktikalitas dari 2 orang guru dengan nilai 0,95 kategori tinggi dan uji efektivitas oleh 20 siswa dengan nilai 0,86 kategori efektif, sehingga sistem pencatatan point pelanggaran siswa yang peneliti rancang dapat digunakan.

Kata Kunci Sistem informasi, Framework Codeigniter, Pencatatan Poin

 

Abstract

This research is motivated by the use of a system for recording student violation points which is still manual so data is vulnerable to loss. Based on the results of interviews conducted by researchers with guidance and counseling teachers and homeroom teachers at the school, they said that the school still uses a manual system for recording student violation points, and the results of recording student violations manually are vulnerable to being lost due to its use. Apart from that, teachers are not careful in providing letters of approval for summoning parents, and the system for recording student violation points at school. Student violation data at SMP Negeri 2 Kamang Magek was not reprocessed, causing teachers at the school to be less efficient in using books. Research and development (R&D) methods are used. Richey and Klein's development strategy, especially PPE (Planning, Production, and Evaluation). In this research, researchers conducted three product tests, namely a validity test from three experts with a score of 0.77 in the valid category, a practicality test from 2 teachers with a score of 0.95 in the high category and an effectiveness test by 20 students with a score of 0.86 in the effective category. , so that the student violation point recording system that the researchers designed can be used

Keyword Information system, codeigniter framework, point recording

References

H. M. Putra, D.- Setiawan, and N.- Fajrie, “Perilaku Kedisiplinan Siswa Dilihat Dari Etika Belajar Di Dalam Kelas,” J. Prakarsa Paedagog., vol. 3, no. 1, 2020, doi: 10.24176/jpp.v3i1.5088.

F. E. Nugroho, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 717–723, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.786.

S. Laugi, “penerapan tatatertib sekolah untuk membangun disiplin siswa di SMA Negri 1 konawe,” Shautut Tarb., vol. 25, no. 2, pp. 239–258, 2019.

M. Megawati and M. W. Pratama, “Rancang Bangun Sistem Pencatatan Kredit Poin Pelanggaran Siswa Berbasis Web,” Pseudocode, vol. 6, no. 1, pp. 67–76, 2019, doi: 10.33369/pseudocode.6.1.67-76.

F. R. N. Azis, Pamujo, and P. H. Yuwono, “Analisis Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Oleh Siswa dan Peran Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah,” J. Mhs. BK An-Nur Berbeda, Bermakna, Mulia, vol. 6, no. 1, pp. 26–31, 2020.

P. P. Widodo, “Aplikasi Tata Tertib Berdasarkan Poin Untuk Pelanggaran Siswa Pada Sekolah Menengah Atas,” JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 4, no. 2, p. 26, 2019, doi: 10.14421/jiska.2019.42-04.

D. P. Yogantara and agus umar hamdani, “Rancangan Sistem Informasi Poin Pelanggaran Pada Smp Al-Fitroh,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2019.

H. Mubarok, M. R. Pratama, D. Permatasari, E. W. Putri, and M. Rohman, “Implementasi Kebijakan Penerapan Sistem Poin Dalam Mengurangi Pelanggaran Siswa SD Al Ma’soem Bandung,” Pendagogia J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 3, pp. 129–135, 2021.

F. P. Raga Kurnia Pratama, “No TitleRANCANG BANGUN APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB,” j Pendidik., vol. 2, 2018.

F. P. Raga Kurnia Pratama, “No TitleRANCANG BANGUN APLIKASI PENYEWAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEB,” j Pendidik., vol. 2, 2018.

E. Prasetyo, “Jurnal Informatika, Volume 1 No. 2, Juli - Desember 2021,” J. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 19–30, 2020.

H. Kamaluddin, “Bimbingan dan Konseling Sekolah,” J. Pendidik. dan Kebud., vol. 17, no. 4, p. 447, 2020.

A. K. Amala and H. U. Kaltsum, “Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan

Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5213–5220, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1579.

T. Sandhika Jaya, D. Sahlinal, J. Manajemen Informatika, and P. Negeri Lampung, “Perancangan Kantor Digital Berbasis Framework dengan Metode Waterfall pada Politeknik Negeri Lampung,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 2, no. 2, pp. 14–17, 2019.

A. Rochman, A. Sidik, and N. Nazahah, “Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah,” J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 1, pp. 51–56, 2018, doi: 10.38101/sisfotek.v8i1.170.

E. D. Martianingtiyas, “Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran,” Researchgate, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Banndung: Alfabeta, 2018

M. Ikhbal and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 5, no. 1, pp. 15–24, 2020.

M. R. Darmawan and H. A. Musril, “Perancangan Sistem Pendaftaran Audiens Seminar Proposal di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi,” J. Teknol. dan Inf., vol. 11, no. 1, pp. 26–39, 2021, doi: 10.34010/jati.v11i1.3346.

M. Fikri and H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Adobe Animate Di SMKN 1 Bukittinggi,” J. Inform. Upgris, vol. 7, no. 2, pp. 59–63, 2021 Menggunakan Star Uml Di Cv Niasa Bandung,” J. Account. Inf. Syst., vol. 1, no. 2, pp. 101–109, 2018, doi: 10.32627/aims.v1i2.358.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Novianti , E. ., Annas, F., Derta, S., & Yuspita, Y. E. (2024). Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Poin Pelanggaran Siswa Menggunakan Framework Codeigniter (Ci) Di SMPN 2 Kamang Magek. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.547