Rancang Bangun dan Implementasi E-Commerce Berbasis Website Pada UD. AM Menggunakan CMS Dengan Metode Agile Development
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.548Keywords:
E-Commerce, CMS, Wordpress, Material Bangunan, Agile DevelopmentAbstract
Abstrak
E-Commerce adalah salah satu implementasi dari pemanfaatan teknologi yang merupakan aktivitas bisnis dari penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan secara online. Pada UD. AM yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang kontruksi, pada saat ini masih bersifat konvensional dan hanya menerapkan metode pemasaran yang pasif karena hanya mengacu pada store. Hal ini membuat pemasaran produk kurang efektif, dan proses konsumen untuk mengetahui informasi terkait produk terbaru serta ketersediaan produk masih sangat kurang informatif. Untuk memudahkan aktivitas penjualan dan mengoptimalisasi pemasaran maka dalam penelitian ini mengembangkan website E-Commerce berbasis CMS Wordpress. Metode yang digunakan adalah agile software development yaitu Extreme Programming yang merupakan pendekatan pengembangan yang diimplementasikan berdasarkan masukan dari pengguna. Perancangan sistem dilakukan menggunakan UML (Unified Modelling Language), yakni Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram. Hasil penelitian ini adalah sebuah website E-Commerce yang sudah diuji menggunakan metode blacbox testing untuk melakukan pengujian terhadap kualitas sebuah software. Diharapkan dengan adanya website E-Commerce dapat mempermudah pelanggan untuk memesan material bangunan dari UD. AM.
Kata Kunci — E-Commerce , CMS, Wordpress, Material Bangunan, Agile Development
Abstract
E-Commerce is one implementation of the use of technology which is a business activity of selling and buying products and services that are carried out onlineonline. At UD. AM, which is a company engaged in construction, is currently still conventional and only applies passive marketing methods because it only refers tostore. This makes product marketing less effective, and the consumer's process of obtaining information regarding the latest products and product availability is still very uninformative. In order to facilitate sales activities and optimize marketing, this research developed a websiteecommerceWordPress based CMS. The method used isagile development namely the development approach that is implemented based on input from users. System design is done using UML (Unified Modelling Language), ieUse Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram, andSequence Diagram. The result of this research is a websiteecommercewhich has been tested using the methodblacbox testing to test the quality of asoftware. It is hoped that the existence of an E-Commerce website will make it easier for customers to order building materials from UD. AM.
Keywords— E-Commerce , CMS, Wordpress, Material Bangunan, Agile Development
References
L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” HIRARKI J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 02, no. 01, pp. 71–75, 2020, [Online]. Available: http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN.
D. L. Fithri, A. P. Utomo, and F. Nugraha, “Pemanfaatan E-Commerce Populer Populer Untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Pada Kube Bordir Kurnia Desa Demangan Kudus,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 819, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1622.
J. Hutahaean, Konsep sistem informasi. Deepublish, 2015.
A. Majid, Implementasi kurikulum 2013 kajian teoretis dan praktis. Jakarta: Deepublish, 2014.
S. Ainul, M. Endang, S. Astuti, and I. Suyadi, “Persepsi Pengunjung Terhadap Keberhasilan Design Website Ecommerce (Studi Pada Pengunjung Website www.tokobagus.com di Perumahan Griya Shanta RT. 02 RW. 12 Kota Malang),” J. Adm. Bisnis |, vol. 9, no. 1, pp. 1–9, 2014, [Online]. Available: www.tokobagus.com.
S. Putri, “Pemanfaatan Internet untuk Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa PLS IKIP Siliwangi,” Comm-Edu (Community Educ. Journal), vol. 3, no. 2, p. 91, 2020, doi: 10.22460/comm-edu.v3i2.3700.
E. S. Asih and Kasmi, “E-Commerce Web Mobile Untuk Layanan Jual Beli Hp Yang Bebasis Teknologi,” PROCIDING KMSI, vol. 6, no. 1, pp. 83–89, 2018.
B. P. Firidzky, Salsabila Mediana Ridha and R. M. Elhadi., “Perancangan Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan Sarana Pemasaran Dan Penjualan Kaos Oblong (studi Kasus: Diponegoro Kaos Oblong),” eProceedings Eng., vol. 7, no. 2, 2020.
A. S. Bein and I. G. A. P. P. Yuliana, “Pandawan website design based content management system as media E-Commerce transaction,” Aptisi Trans. Technopreneursh., vol. 2, no. 1, pp. 87–89, 2020.
and J. R. G. B. Jacobson, Lvar, The unified modeling language reference manual. Australia, 2021.
R. Ardo, M. Mohammad, and Afiat, “Build A Web Based E-Commerce Information System Using Content Management System (CMA) at Djuwariyah Accountant Service Office,” Ilomata Int. J. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 78–82, 2020.
U. Hanifah, A. Ronggo, and Sugiarto, “Penggunaan metode black box pada pengujian sistem informasi surat keluar masuk,” Scan J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 33–40, 2016.
M. R. Adani, “Penjelasan Lengkap Metode Agile dalam Pengembangan Perangkat Lunak,” https://www. sekawanmedia. co. id/metode-agiledevelopment, 2020. .
Hidayatullah, R. Fardika, and S. Beni, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Travel Haji dan Umroh dengan Metodologi Extreme Programming (XP) untuk Safir,” AUTOMATA, vol. 2, no. 2, 2021.