Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi

Authors

  • Satifah Putri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Ami Anggraini Samudra Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Satrio Junaidi Universitas PGRI Sumatera Barat

Keywords:

Learning Media, Android, Informatics

Abstract

Abstrak

Salah satu faktor siswa SMK Pembina Bangsa Bukittinggi mendapatkan nilai yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena kurangnya media pembelajaran oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu tahapan Analysis, Design, Develop, Implementasi, dan Evaluation.Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dengan menggunakan kriteria berdasarkan nilai dengan tingkat  rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata ujivalidasi ahli meia oleh validator sebesar 81,34% dengan kategori  sangat valid dan ahli materi sebesar 84,79% dengan kategori  sangat valid. Uji praktiklaitas guru sebesar 82,44% dengan kategori sanat praktis dan praktikalitas siswa sebesat 81% dengan kategori sangat praktis.Kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh media pembelajaran berbasis android layak diguanakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci — Media Pembelajaran, Android, Informatika

 

Abstract

One of the factors is that students at SMK Pembina Bangsa Bukittinggi get grades that do not meet the Minimum Completeness Criteria (KKM) due to a lack of learning media. Therefore, the purpose of this study is to produce valid and practical Android-based learning media. This study used the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model which consisted of five stages, namely the Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation stages. The data collection technique used a Likert scale questionnaire. The sampling technique used was purposive sampling using criteria based on values ​​with low, medium and high levels. The results of this study showed that the average value of the media expert validation test by the validator was 81.34% in the very valid category and 84.79% in the material expert category with a very valid category. The teacher's practicality test was 82.44% in the very practical category and the students' practicality was 81% in the very practical category. The conclusions based on the data obtained by Android-based learning media are feasible to use as learning media.                               

Keywords— Learning Media, Android, Informatics

References

DAFTAR PUSTAKA

S. Sartika and A. A. Samudra, “Pengembangan Sistem E-Learning Berbasis Moodle,” vol. 7, no. 1, 2023.

Yuberti, W. D. Kusuma, and S. Latifah, “Pengembangan Mobile Learning Berbasis Smart Apps Creator Sebagai Media Pembelajaran Fisika,” Phys. Sci. Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 90–95, 2021.

P. Kurniati, A. L. Kelmaskouw, A. Deing, B. Bonin, and B. A. Haryanto, “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21,” J. Citizsh. Virtues, vol. 2, no. 2, pp. 408–423, 2022, doi: 10.37640/jcv.v2i2.1516.

Bunga Nabilah, Supratman Zakir, Eny Murtiyastuti, and Ramadhanu Istahara Mubaraq, “Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP,” PIJAR J. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 1, no. 1, pp. 110–119, 2022, doi: 10.58540/pijar.v1i1.97.

N. Dewi, R. E. Murtinugraha, and R. Arthur, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj,” J. PenSil, vol. 7, no. 2, pp. 95–104, 2018, doi: 10.21009/pensil.7.2.6.

M. K. Hakky, R. H. Wirasasmita, and M. Z. Uska, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi,” EDUMATIC J. Pendidik. Inform., vol. 2, no. 1, p. 24, 2018, doi: 10.29408/edumatic.v2i1.868.

A. Rustandi and N. Hikma, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android di SMK Teknologi Informasi Samarinda,” vol. 10, no. 3, pp. 297–300, 2020.

Im. I. Abi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Smart App Creator Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Multimedia Di SMK N 1 Jabon,” vol. 7, pp. 84–91, 2022.

K. Samosir and N. Simatupang, “Analisis Validitas dan Praktikalitas terhadap Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Masalah Pada Materi Statistika,” vol. 03, no. 1, pp. 22–29, 2022.

Rahma, Irsyadunas, and J. Satrio, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Pecetakan di SMK Negeri 3 Mukomuko,” vol. 6, pp. 24–33, 2023.

H. R. Setiawan, A. J. Rakhmadi, and A. Y. Raisal, “Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam,” vol. 4, no. 2, pp. 112–119, 2021.

D. Tarigan and S. Siagian, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 187–200, 2015, doi: 10.24114/jtikp.v2i2.3295.

R. O. Santina, F. Hayati, U. Bina, and B. Getsempena, “P-ISSN Jurnal Ilmiah Mahasiswa Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku,” vol. 2, no. 1, 2021.

S. Syamsuryadin and C. F. S. Wahyuniati, “Tingkat Pengetahuan Pelatih Bola Voli Tentang Program Latihan Mental Di Kabupaten Sleman Yogyakarta,” J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: 10.21831/jorpres.v13i1.12884.

Supriadi, A. Sani, and I. P. Setiawan, “Integrasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Siswa,” Yume J. Manag., vol. 3, no. 3, pp. 84–93, 2020, doi: 10.2568/yum.v3i3.778.

S. Damarjati and A. Miatun, “Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis,” ANARGYA J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, 2021, doi: 10.24176/anargya.v4i2.6442.

R. Y. Ariyana, E. Susanti, P. Haryani, P. Informatika, and F. T. Industri, “Rancangan Storyboard Aplikasi Pengenalan Isen-Isen Batik Berbasis Multimedia Interaktif,” vol. 1, no. 3, pp. 321–331, 2022, doi: 10.55123/insologi.v1i3.375.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Putri, S. ., Samudra, A. A., & Junaidi, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 44–54. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/549