Perancangan Media Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Android Menggunakan Kodular Di MAN 4 Agam

Authors

  • M. Teguh Arianda Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Sarwo Derta Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Riri Okra Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hari Antoni Musril Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.560

Keywords:

Learning Media, Moral Creeds, Modular

Abstract

Abstrak

Permasalahan di MAN 4 Agam yang masih menggunakan metode pengajaran tradisional dan sangat bergantung pada buku cetak dan Lembar Kerja Siswa (LKS) menjadi pemicu penelitian ini. Pembelajaran yang kurang menarik dan tidak sejalan dengan penerapan Aqidah Akhlak di sekolah, sehingga menyulitkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru. Pendidikan. Tujuan dari proyek penelitian ini adalah untuk membuat modul menarik untuk media pembelajaran berbasis Android yang akan membantu dalam proses pengajaran prinsip-prinsip moral. Metode pengembangan Research and Development (R&D) diterapkan dalam penelitian ini. Model pengembangan yang digunakan adalah model yang dikemukakan oleh Hannafin dan Peck. Hal ini dibagi menjadi tiga tahap: analisis kebutuhan (disebut juga penilaian kebutuhan), desain (disebut juga desain), dan pengembangan dan implementasi (disebut juga pengembangan/implementasi). Fase-fase ini dihubungkan dengan evaluasi dan revisi. Ada tiga pengujian yang digunakan peneliti untuk menguji produk: yang pertama adalah uji validitas yang dilakukan oleh tiga orang ahli yang mengevaluasi tiga faktor yaitu desain media, isi, dan bahasa, dengan nilai 0,86 dengan menggunakan kriteria valid; Tes kedua adalah tes praktikalitas yang dilakukan oleh dua orang. Sepuluh siswa mengikuti uji efektivitas, dan ahli memperoleh skor akhir 0,90 dengan kriteria tinggi, dari kemungkinan 0,84 dengan kriteria tinggi.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Akidah Akhlak, Kodular, android.

 

Abstract

The problem at MAN 4 Agam which still uses traditional teaching methods and relies heavily on printed books and Student Worksheets (LKS) was the trigger for this research. Learning is less interesting and not in line with the implementation of Aqidah Akhlak in schools, making it difficult for students to understand the material presented by the teacher. Education. The aim of this research project is to create an interesting module for Android-based learning media that will assist in the process of teaching moral principles. The Research and Development (R&D) development method was applied in this research. The development model used is the model proposed by Hannafin and Peck. It is divided into three stages: needs analysis (also called needs assessment), design (also called design), and development and implementation (also called development/implementation). These phases are associated with evaluation and revision. There are three tests used by researchers to test products: the first is a validity test carried out by three experts who evaluate three factors, namely media design, content and language, with a value of 0.86 using valid criteria; The second test is a practicality test carried out by two people. Ten students took part in the effectiveness test, and the expert obtained a final score of 0.90 with the high criterion, out of a possible 0.84 with the high criterion.

Keyword: Learning Media, Moral Creeds, Modular, Android

 

 

References

D. Pristiwanti, B. Badariah, S. Hidayat, And R. S. Dewi, “Pengertian Pendidikan,” J. Pendidik. Dan Konseling, Vol. 4, No. 6, Pp. 1707–1715, 2022.

M. Yusuf, “Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli,” Encephale, Vol. 53, No. 1. Pp. 59–65, 2013. [Online]. Available: Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Encep.2012.03.001

F. Firmadani, “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0,” Pros. Konf. Pendidik. Nas., Vol. 2, No. 1, Pp. 93–97, 2020, [Online]. Available: Http://Ejurnal.Mercubuana-Yogya.Ac.Id/Index.Php/Prosiding_Kopen/Article/View/1084/660

A. Sopian, “Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan,” Raudhah Proud To Be Prof. J. Tarb. Islam., Vol. 1, No. 1, Pp. 88–97, 2016, Doi: 10.48094/Raudhah.V1i1.10.

A. Muhson, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” J. Pendidik. Akunt. Indones., Vol. 8, No. 2, 2010, Doi: 10.21831/Jpai.V8i2.949.

R. Okra And Y. Novera, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Ipa Di Smp N 3 Kecamatan Pangkalan,” J. Educ. J. Educ. Stud., Vol. 4, No. 2, P. 121, 2019, Doi: 10.30983/Educative.V4i2.2340.

M. M. D. H. K. T. Hasan, Media Pembelajaran, No. Mei. 2021.

M. Ramli, “Media Teknlogi Pembelajaran,” Iain Antasari Press, Pp. 1–3, 2012.

A. Kumala And S. Winardi, “Aplikasi Pencatatan Perbaikan Kendaraan Bermotor,” Vol. 4, No. 2, Pp. 112–120, 2020.

M. Armas, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Software Kodular Materi Sistem Pencernaan Kelas Xi Sma Negeri 3 Gowa. 2021.

A. K. Ming, “Tampilan Dashboard Lebih Ke Design Ui/Ux .” Scribd.

D. A. Lestari, “Perkenalan Kodular,” Tutorial Kodular Id, 2020.

P. Konsep, M. Ajar, And L. Soal, “D S A I N G R A F I S,” 2021.

S. Afrianti And H. A. Musril, “Perancangan Media Pembelajaran Tik Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 Di Sma Muhammadiyah Padang Panjang,” J. Inform. Upgris, Vol. 6, No. 2, Pp. 2–7, 2021, Doi: 10.26877/Jiu.V6i2.6471.

L. Maghrifoh, “Pengembangan Modul Matematika Materi Transformasi Berdasarkan Kemampuan Otak Kanan Siswa Kelas Vii Mts Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016,” Vol. 53, No. 9, Pp. 41–55, 2016.

I.M.Suryana, N.Suharsono dan I.M.Kirna. 2014. “Pengembangan Bahan Ajar Cetak Menggunakan Model Hannafin & Peck Untuk Mata Pelajaran Rencana Anggaran Biaya”. Journal Progr.Pascasarj.Univ.Pendidik.Ganesha Progr.Stud.Teknol.Pembelajaran. Vol.4.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Arianda, M. T., Derta, S., Okra, R., & Musril, H. A. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Android Menggunakan Kodular Di MAN 4 Agam. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 55–68. https://doi.org/10.31980/petik.v10i1.560