Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Rini Atikah IPI Garut
  • Rani Titik ` Prihatin IPI Garut

Abstract

AbstractThis research emphasizes on the use of learning using google classroom to have a positive impact, which can be seen from student learning outcomes which are increasing every day through assignments and quizzes. Students' perceptions about subjects carried out online are using the Google classroom application, namely students feel happy using Google classroom because it is easy and teachers / educators are not burdensome by giving many assignments, Google classroom is flexible, which is easy to access anywhere and anytime, is constrained by internet access from the absence of data networks or smartphones that are used to support all students for the implementation of e-learning. The research method used is the literature study method, which is a series of activities related to the method of collecting library data, reading and taking notes, and managing research materials.

Keyword google classroom, utilization, online learning media.

 

AbstrakPenelitian ini menekankan pada pemanfaatan pembelajaran dengan menggunakan google classroom memiliki dampak yang positif dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang semakin meningkat setiap harinya melalui tugas dan kuis. Persepsi siswa mengenai mata pelajaran yang dilakukan melalui daring menggunakan aplikasi Google classroom yaitu siswa merasa senang menggunakan Google classroom karena mudah dan guru/pendidik tidak memberatkan dengan memberikan banyak tugas, Google classroom bersifat fleksibel yaitu mudah di akses dimana saja dan kapan saja, terkendala akses internet dari tidak adanya jaringan data maupun smartphone yang digunakan sebagai pendukung semua siswa untuk pelaksanaan pembelajaran e-learning. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Metode studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelolah bahan penelitian

Kata kunci google classroom, pemanfaatan, media pembelajaran daring.

References

DAFTAR PUSTAKA

E. Wicaksana, "Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat Peserta Didik Di Tengah Pandemi Covid -19," EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, vol. 1, no. 2, pp. 117-124, 2020.

M. D. A Pane, "Belajar dan Pembelajaran," FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 2, no. 3, pp. 333-352, 2017.

S. b. Djamarah, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

E. Nasution, "Problematika Pendidikan di Indonesia," Jurnal Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon, vol. 1, no. 2, pp. 1-10, 2008.

N. Sudjana, Media Pengajaran, Jakarta: Algesindo, Sinar Baru, 2001.

C. T. Morgan, Introduction to Psychology, New York: Kogakusha: Mc Graw-Hill,, 2001.

A. Suprijono, Cooperatif Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM., Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Tafiardi, " Meningkatkan mutu pendidikan melalui e-learning," Jurnal: Pendidikan Penabur, vol. 4, no. 2, pp. 27-36, 2005.

W. &. H. K. Horton, E-Learning Tools and Technologies: A consumer guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers., USA : Wiley Publishing, Inc. , 2003.

H. Kamarga, " Managemen E-learning : Mengelola Pengetahuan Sebagai Komoditas," Mimbar pendidikan, Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 57-68, 2001.

S. Siahaan, " E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran.," Jurnal Pendidikan 42, vol. 4, no. 2, pp. 78-89, 2004.

M. Wena, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

M. Wijaya, " Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar.," Jurnal Pendidikan Penabur , vol. 19, no. 3, pp. 78-96, 2012.

Silahuddin, "Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan.," CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 11, no. 1, p. 48–59. , 2015.

E. Nurfalah, "Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika.," Physics Education Research journal, vol. 9, no. 2, pp. 44-56, 2019.

Munir, Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bandung: Alfabeta, 2008.

Munir, "E-Learning : Membangun System Pendidikan Berbasis Dunia Maya.," Mimbar pendidikan, Jurnal pendidikan , vol. 3, no. 3, pp. 45-64, 2004.

S. R. Chandrawati, "Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran," Jurnal Cakrawala Kependidikan, vol. 8 , no. 2, pp. 101-203, 2010.

I. Purwandani, "Pengembangan Elearning Berbasis Claroline untuk Pembelajaran PTIK.," in Prosiding KNIT , Jakarta, 2016.

K. Y. Tung, Pendidikan dan Riset di Internet., Jakarta: Dinastindo., 2000.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2010.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

A. Hardhono, "Potensi Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Mendukung Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh di Indonesia.," Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Pusat Studi Indonesia, Lembaga Penelitian Universitas Terbuka., vol. 3, no. 1, pp. 112-126, 2002.

A. H. Elyas, " Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.," Jurnal Warta, vol. 56, no. 4, pp. 1-11, 2018.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Atikah, R., & Prihatin, R. T. `. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 7–18. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/570