Implementasi E-learning Dengan Model Flipped Classroom Dalam Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer

Siti Husnul Bariyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan E-Learning dengan model Flipped Classroom dalam aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem computer. Dilatar belakangi  atas kurangnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer kelas X Multimedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods atau metode yang menggabungkan antara kuantitatif dengan kualitatif dengan menggunakan strategi sequential mixed methods. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 3 Kelas Semester 1 SMK Negeri 9 Garut dengan sampel yang diambil 1 kelas yaitu kelas X MM 1 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, dan angket yang diberikan kepada siswa maupun guru. Hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa kemampuan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer dengan materi sistem bilangan menunjukan dengan persentase ketuntasan belajar sebanyak 75%, menunjukan rasa ketertarikan 77%, rasa keingintahuan 78%, rasa senang 58%, rasa keaktifan 65%, rasa perhatian 58%.

Kata Kunci : aktivitas belajar siswa, media pembelajaran e-learning, Flipped Classroom.


Full Text:

PDF

References


Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Oemar Hamalik. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Schell, J. 2012. What is A Flipped classroom ?. CADQ Guide The Flipped Classroom dapat diakses melalui www4.ntu.ac.uk/adq/document_uploads/teaching/154084.pdf diakses pada Mei 2019

Hujair AH. Sanaky. Media Pembelajaran. (Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009), Cet. 1, hlm. 3

Munir. 2009 Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: AlfaBeta.

Munir. 2009 Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: AlfaBeta.

Bantala, A. P. (2010). Penerapan Pembelajaran E-learning (Learning Management System) Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Diklat Teknik Jaringan Komputer Dasar Di Pppptk Bmti Bandung. Bandung: Tesis Jurusan Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UPI

Sumarsih. 2009. Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar-Dasar Bisnis. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. VIII. No.1

Ginan, Abdul M. 2018. WEBBLOG Centric Course Dalam Upaya Meningkatkan Daya Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas VIII SMPN 2 Tarogong Garut. Skripsi Institut Pendidikan Indonesia : Tidak Diterbitkan.

Riyana, Cepi. 2017. Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran. dapat diakses melalui www.researchgate.net/publication/242646955_PERANAN_TEKNOLOGI_DALAM_PEMBELAJARAN di akses pada Mei 2019

Rosenberg, Marc. J. 2001. E-Learning : Strategies For Delivering Knowledge In The Digital Age. USA : McGraw-Hill Companies

Edhy Sutanta. 2015. Konsep Dan Implementasi E-Learning. (Studi Kasus Pengembangan E-Learning di SMA N 1 Sentolo Yogyakarta). Bisa diakses melalui www.researchgate.net/publication/228343752_KONSEP_DAN_IMPLEMENTASI_E-LEARNING_Studi_Kasus_Pengembangan_E-Learning_di_SMA_N_1_Sentolo_Yogyakarta diakses pada mei 2019

Wall Street English. 2017. Flipped Classroom, Belajar Bahasa Inggris Jadi Gampang.Wall street English dapat diakses melalui blog.wallstreetenglish.co.id/flipped-classroom-wse/ diakses 15 februari 2019

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualittatis dan R&D). Bandung: Alfabeta

Creswell. John. W. 2010. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jakarta: Pustaka pelajar.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta

Nana Syaodih Sukmadinata (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i2.575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


    Creative Commons License