Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang

Authors

  • Wullan Mutiarahman Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sofia Edriati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Mulia Suryani Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1232

Keywords:

LKPD, Realistic Mathematics Education, Peluang, Probability

Abstract

Bahan ajar yang tersedia belum mampu membuat siswa memahami konsep dalam matematika, terutama pada materi Peluang. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan Plomp. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar praktikalitas dan pedoman wawancara. Uji kepraktisan melibatkan 6 orang siswa kelas VIII di salah satu SMPN di Kabupaten Agam. Berdasarkan hasil penilaian, diperoleh hasil sangat valid dan sangat praktis. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis Realistic Mathematics Education pada materi Peluang sudah dapat digunakan.

The available teaching materials have not been able to make students understand concepts in mathematics, especially in Opportunity material. The research aims to produce valid and practical LKPD based on Realistic Mathematics Education. The type of research used is Research and Development research about the Plomp development model. The instruments used were validation sheets, practicality sheets, and interview guidelines. The practical test involved 6 class VIII students at an SMPN in Agam Regency. Based on the results of the assessment, the results are very valid and very practical. It was concluded that LKPD based on Realistic Mathematics Education on Opportunity material can already be used.

References

Afriansyah, E. A., & Arwadi, F. (2021). Learning Trajectory of Quadrilateral Applying Realistic Mathematics Education: Origami-Based Tasks. Mathematics Teaching Research Journal, 13(4), 42-78.

Afriansyah, E. A., & Turmudi, T. (2022). Prospective teachers’ thinking through realistic mathematics education based emergent modeling in fractions. Jurnal Elemen, 8(2), 605-618.

Asmaranti, W., dan Pratama, G. S. (2013). Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 639–646.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group.

Cahyani, I. D., Fathani, A. H., & Faradiba, S. S. (2023). Brain-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa smp. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 113-122.

Effendi, R., dan Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu. 5(2), 920–929.

Fitri, J., Fitri, D. Y., & Jufri, L. H. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Teorema Pythagoras. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 405-416.

Fitria, F., Nofriyandi, N., Suripah, S., & Sthephani, A. (2023). Perangkat pembelajaran matematika berbasis problem-based learning pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 93-102.

Gustin, L., Sari, M., Putri, R., dan Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.154

Hernandes, V., Isnaini, M., & Testiana, G. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMPUTER PADA MATERI KESEBANGUNAN DI KELAS IX MTS NEGERI 1 PALEMBANG. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 281-292.

Jayantri, Y., Jaya, M. T. B. S., dan Surbakti, A. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Tematik Terintegerasi Berorientasi Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(13), 1–14.

Junaedi, I., Asikin, M., dan Masrukan, M. (2015). Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Konteks Karakter dan Konservasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Penelitian. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 177-190. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4988

Murnaka, N. P., dan Manalu, R. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 317–328. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2658

Murwanto, A., Qohar, A., & Sa'dijah, C. (2022). Pengembangan LKPD Daring Pendekatan Guided Discovery Berbasis HOTS Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 391-402.

Mutmainah, S., Hermawati, E., & Maulana, F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 2(2), 34–44.

Plomp, T., dan Nieveen, (2013). Educational design research. Netherlands Institute for curriculum development.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Ramdhani, S. (2017). Kemampuan Penalaran Analogis Santri Dalam Geometri: Penelitian Kualitatif Di Sebuah Pondok Pesantren. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 385-396.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73.

Siahaan, M. M. L., Fitriani, F., & Leli, A. R. D. L. (2023). A Study of Learning Obstacles: Determining Solutions of a System of Linear Equation Using Gauss-Jordan Method. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 25-34.

Silvi, K. L., & Auliya, N. N. F. (2022). Bahan Ajar E-LKS Berbasis Realistic Mathematics Education Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 381-390.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Research & Development. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84.

Ulkhaq, M. M. (2023). Determinan pencapaian siswa bidang matematika: Perbandingan antara indonesia dan singapura. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 9-16.

Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Umbaryati. Prisma, 218–221.

Wijaya., A., Ayu, D., & Indraningtias. (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistic Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(5), 24-36.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Mutiarahman, W., Edriati, S., & Suryani, M. (2023). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Peluang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 159–170. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.1232

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.