The Implementation of Ethnomathematics-Based Learning Using Blacksmith Tools on Students' Critical Thinking Skills
DOI:
https://doi.org/10.31980/plusminus.v5i1.2478Keywords:
Ethnomathematics, Blacksmith, critical thinking, Geometry., algebraic thinking ability, Berpikir Kritis, Etnomatematika, Geometri, Pandai BesiAbstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa memerlukan pendekatan pembelajaran yang inovatif dan kontekstual secara budaya. Penerapan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dengan konteks perkakas pandai besi bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan melibatkan 82 siswa sebagai populasi dan 54 siswa sebagai sampel, yang dibagi menjadi dua kelompok: 28 siswa kelas 12 IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa kelas 12 IPA 3 sebagai kelas kontrol. Model post-test only control group design ini menggunakan sebuah tes uraian sebagai instrumen penelitian dan telah melalui uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, serta daya beda untuk menjamin kualitasnya. Data dianalisis secara kuantitatif menggunakan teknik statistik inferensial. Berdasarkan uji-t, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemempuan berpikir kritis siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
A well-prepared abstract allows the reader to quickly and accurately identify the basic content of the document, assess its relevance to their interests, and decide whether to read the document in its entirety. The abstract should be informative and self-explanatory, providing a clear statement of the problem, proposed approach, or solution, as well as the main conclusions. Typically, abstracts include sections such as Background, Objective, Methods, Results, and Conclusions (often abbreviated as IMRaD). An abstract in English should be between 100 and 200 words in length. Abstracts are written in the past tense for methods and results (since the study has already been conducted), but present tense for conclusions and implications; abbreviations should be avoided. Since there are no citations, the abstract does not reference literature. The keyword list offers an opportunity to include terms used by indexing and abstract services. Thoughtful keyword selection enhances the discoverability of our articles among interested readers.
References
Abdullah, A. A., & Rahmawati, A. Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Kayu Krebet Bantul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 163–172.
Afriansyah, E. A., Herman, T., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2021, February). Critical thinking skills in mathematics. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012013). IOP Publishing.
Ajmain, Herna, & Masrura, S. I. (2020). Implementasi Pendekatan Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12, 45–54.
Ambarwati, L., & Wahyuni, I. (2023). Application of Scaffolding on Ethnomatematics-Based Construction Errors. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 783-794.
Apiati, V., & Hermanto, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 167–178. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.630
Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across the Curriculum: A vision. Topoi, 37, 165-184.
Ester, S. I., & Listiani, T. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan menggunakan Contextual Teaching and Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 503-520. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i3.1461
Hamidah, N., & Ain, S. Q. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 321–332. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1331
Htria, J. D., Putri, R., & Gunawan, R. G. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII dalam Soal High Order Thinking Skill. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1958
Ilmiyah, N., Handayani, N., Hanifah, & Pramesti, S. L. D. (2021). Studi Praktik Pendekatan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 187–188.
Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2017). Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Berbasis Budaya. Ekuivalen, 27(2), 169–175. http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/3652
Lebid, А. E., & Shevchenko, N. A. (2020). Cultivating the Skills of Systems Thinking in the Context of Fostering the Basic and Professional Competencies Associated with Media Education and Media Literacy. International Journal of Media and Information Literacy, 5(1), 60-68. https://doi.org/10.13187/ijmil.2020.1.60
Luritawaty, I. P., & Rahmawati, U. (2024). Inquiry-Based Online Learning Model Using Metacognitive Strategy to Enhance Mathematics Critical Thinking Ability. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 321-336. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2226
Lusiana, D., Afriani, N. H., Ardy, H., & Widada, W. (2019). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jamik Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 164–176.
Martir, L., Beku, V. Y., Wewe, M., & Dhiu, L. M. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Pendekatan Etnomatematika. Polinomial: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 66-74. https://doi.org/10.56916/jp.v3i2.914
Maya, F. A., Sari, I. K., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif, Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK Pada Materi SPLDV. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(4), 167. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i4.p167-176
Nasution, E. Y. P., Qatrunnada, A., & Putri, R. (2024). The Effect of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Learning Model on Students' Mathematical Critical Thinking Skills. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 12(1), 13-28. https://doi.org/10.24952/logaritma.v12i01.10282
Nursyamsiah, M., Pusitasari, N., Zulkarnain, & Mardiani, D. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Pasiran Garut ditinjau dari Aspek Matematis. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 3(1), 91-100. https://doi.org/10.31980/pme.v3i1.1562
Nuryadi, N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis: Pendekatan Ketidakpastian melalui Etnomatematika. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 7(2), 11–20. https://doi.org/10.32764/eduscope.v7i2.2087
Partasiwi, N., Kirana, A. R. & Lestari, Y. D. (2023). Efektifitas Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 102–111. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.10
Russell, S. & Norvig, P. (2021). Artificial Intelligence Modern Approach. Pearson Education, USA.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2 April, 1–7.
Sarimanah, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Problem Posing. Prisma, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.123
Sartika, B., Litik, Y., Argarini, D. F., & Utomo, I. B. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Artefak Peninggalan Sejarah di Kota NTT. JI-MR: Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 79.
Sastrawati, E., & Guspita, D. (2022). Implementation of Ethnomathematics-Based Mathematic Module to Increase the Student’s Critical Thinking. Primary: Jurnal Pendidikan, 11(4), 1029–1037. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i4.8958
Septiana, R., Febriarini, Y. S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 393–399.
Sukirwan, Nindiasari, H., Warsito, & Saleh, H. (2023). Dialektika budaya dan matematika: Studi pada penelitian etnomatematika di Indonesia. Journal of Authentic Reseach on Mathematics Education, 5(2), 177–190.
Sumiyati, W., Netriwati, N., & Rakhmawati, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 15. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1907
Susanto, Setiawan, T. B., & Daniaty, H. (2023). Ethnomathematics in the Main Building of Pendapa Sabha Swagata Blambangan. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(3), 493-504. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i3.822
Tajuddin, A. T., Sujadi, I., Slamet, I., & Hendriyanto, A. (2023). Mathematical Critical Thinking: Analysis of Middle School Students' Thinking Processes in Solving Trigonometry Problems. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 703-720. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i4.1185
Utami, R. N. F., Muhtadi, D., Ratnaningsih, N., Sukirwan, S., & Hamid, H. (2020). Etnomatematika: Eksplorasi Candi Borobudur. JP3M: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 13–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1438
Vrasetya, A., & Nasution, E. Y. P. (2024). Students' Mathematical Connection Ability in Solving Higher Order Thinking Skills Problems Based on Jambi Culture. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 269-286. https://doi.org/10.31980/plusminus.v4i2.2087
Zaenuri, & Dwidayati, N. (2018). Exploring Ethnomathematics: Mathematics as a Cultural Product. PRISMA, 1(1), 471–476.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.