Mathematical problem-solving ability of junior high school students on flat-sided geometric shapes

Authors

  • Mariah Sri Marianti MTs Muhammadiyah Cihuni

DOI:

https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1767

Keywords:

mathematical problem-solving ability, Side Space Quadrilateral, geometric, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar, geometri

Abstract

This research is based on the results of previous research that showed that students' mathematical problem-solving skills have not been as expected. While problem solving skills are a way to build education so that students further develop problem solving skills. The writing of this article aims to review and analyze the problem-solving skills of junior high school students in working on mathematical problem solving. The research method used is a descriptive analysis method to analyze the available and processed data so that a clear picture of the facts is obtained. The samples in this study were grade VIII junior high school students. The study subject consisted of 3 grade VIII Mts students located in Sukarasa Village. The samples in this study were determined by stratified proportional random sampling. The results showed that 3 students who were subjected to the study had problem solving skills in low criteria.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah merupakan sebuah jalan untuk membangun pendidikan agar siswa lebih mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam mengerjakan soal-soal pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif untuk menganalisis data-data yang tersedia dan diolah sehingga diperoleh gambaran yang jelas tentang fakta-fakta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII. Subjek penelitian terdiri dari 3 siswa kelas VIII Mts yang berada di Desa Sukarasa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 siswa yang dijadikan subjek penelitian memiliki kemampuan pemecahan masalah dalam kriteria rendah.

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83.

Cahyani, N. D., & Sritresna, T. (2023). Kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(1), 103-112.

Istigosah, H., & Noordyana, M. A. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau gaya kognitif siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 149-160.

Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis (MeA). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(November).

Lusiana, L., Armiati, A., & Yerizon, Y. (2022). Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Mengenai Guru Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 155-166.

Minggi, I., Arwadi, F., & Bakri, R. A. I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 495-508.

Nugraha, T. S., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Logis Dan Kritis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 107. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7154

Panjaitan, F. I. J. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII MTs Al Jamiyatul Washliyah Tembung T. A 2017 / 2018. In Skripsi.

Rahmawati, D., & Afriansyah, E. A. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui proses planning, execution, dan revision ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 191-208.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335-344.

Ulfa, Y. L., & Roza, Y. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA pada materi jarak pada bangun ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415-424.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897A

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Marianti, M. S. (2023). Mathematical problem-solving ability of junior high school students on flat-sided geometric shapes. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 2(3), 309–320. https://doi.org/10.31980/pme.v2i3.1767

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.