IMPLEMENTATION OF CANVA-BASED MIND MAPPING TO IMPROVE STUDENTS' CREATIVITY ON INDEPENDENCE MATERIAL IN THE 1945-1950 PERIOD

Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX MTs. Ma'arif Peundeuy Garut

Authors

  • Dadang Mahasiswa
  • Tetep Institut Pendidikan Indonesia
  • Lili Dianah Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/sahur.v4i1.2715

Keywords:

Mind Mapping, Canva, Kreativitas Siswa.

Abstract

ABSTRAK

 

DADANG. 23813003. “Implementasi  Mind Mapping Berbasis Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Kemerdekaan Kurun Waktu 1945-1950 (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IX MTs. Maárif Peundeuy Garut)”.

Rendahnya kreativitas siswa dalam pembelajaran sejarah, khususnya pada materi kemerdekaan Indonesia periode 1945–1950, menjadi latar belakang dilaksanakannya penelitian ini. Hal tersebut ditandai dengan kurangnya orisinalitas, fleksibilitas, serta kemampuan elaborasi dalam berpikir dan menyampaikan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Mind Mapping berbasis Canva, menganalisis peningkatan kreativitas siswa, serta mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus di kelas IX MTs. Ma’arif Peundeuy Garut. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Mind Mapping berbasis Canva mampu meningkatkan kreativitas siswa secara signifikan, ditandai dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menyampaikan gagasan, menciptakan visualisasi yang menarik, serta menyampaikan informasi secara sistematis. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan media digital seperti Canva dapat menjadi alternatif pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam membangun kreativitas siswa.

Kata Kunci: Mind Mapping, Canva, Kreativitas Siswa.

Downloads

Published

2025-07-10