THE IMPLEMENTATION OF THE PROBLEM-BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILLS IN SOCIAL STUDIES LEARNING (A CLASSROOM ACTION RESEARCH IN CLASS VII-I OF SMPN 2 SAMARANG)
Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII-I SMPN 2 Samarang
DOI:
https://doi.org/10.31980/sahur.v4i1.2764Keywords:
Model PBL, Berpikir kritis, IPS , PTK, PembelajaranAbstract
ABSTRAK
Kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VII-I SMPN 2 Samarang masih tergolong rendah khususnya pada pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes kemampuan berpikir kritis pada pra siklus sebesar 43%. Hal ini dapat disebabkan oleh pembelajran yang masih menggunakan model ceramah dan tidak melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Problem based Learning untuk siswa kela VII-I SMPN 2 Samarang. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data dengan membandingkan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dan siklus II sehingga dapat menggambarkan data tentang kemampuan berpikir kritis siswa berupa hasil tes yang dilakukan di akhir pembelajaran. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan diperoleh data bahwa padasiklus I kemampuan berpikir kritis meningkat sebesar 57% dengan nilai rata-rata 69,9. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus II persentase hasil kemampuan berpikir kritis meningkat menjadi 86% dengan nilai rata-rata 80,4. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan modelĀ Problem based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPS kelas VII-I di SMPN 2 Samarang.
Kata kunci : Problem based Learning, berpikir kritis, pembelajaran IPS