PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DARI YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 POGA

Authors

  • Selfester Lay Institut Pendidikan Indonesia
  • Asep Nurjamin Institut Pendidikan Indonesia
  • Uman Suherman Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

Media Video, Youtube dan Pembelajaran PJOK

Abstract

Era globalisasi telah membawa perkembangan pesat dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi, termasuk bidang pendidikan. Salah satu dari produk teknologi informasi dan komunikasi yang sangat menarik untuk dimanfaatkan dalam pembelajaran adalah Youtube. Dalam pemanfaatan media, diperlukan kreativitas dan juga pertimbangan instruksional yang matang dari pengajar. Kenyataannya banyak pengajar menggunakan media pembelajaran seadanya tanpa pertimbangan pembelajaran. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan pelajaran yang wajib di pelajari di SMP Negeri 1 Poga, Siswa dituntut untuk memiliki keterampilan, pengetahuan dan berprilaku yang baik. Siswa sekolah menegah pertama merupakan siswa peralihan dengan tingkat kemampuan dan motivasi yang beragam. Penelitian ini akan memaparkan penggunaan video dari Youtube sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kreatifitas guru PJOK dikelas VII SMP Negeri 1 Poga serta menambah wawasan bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif, penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang berusaha menggambarkan sesuatu sebagaimana adanya dengan menggunakan kata-kata, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas, objektif, sistematis dan cermat mengenai topik yang diangkat menjadi masalah nantinya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan video tersebut dapat merangsang kreatifitas, minat dan motivasi guru, Selain itu melalui media tersebut, pengetahuan siswa, penyusunan bahan ajar, pemilihan materi, cara penyampaian guru mengalami kemajuan. Menggunakan video dari Youtube sebagai media secara tidak langsung meningkatkan minat belajar diantara mereka, dalam hal pencarian ide dan materi sehingga siswa tidak merasa bosan.

 

The era of globalization has brought rapid developments in Information and Communication Technology, including the field of education. One of the very interesting information and communication technology products to be used in learning is YouTube. In the use of media, it requires creativity and also mature instructional considerations from the teacher. In fact, many teachers use makeshift learning media without consideration of learning. Sports and Health Physical Education is a subject that must be studied at SMP Negeri 1 Poga. Students are required to have good skills, knowledge and behavior. Junior high school students are transitional students with varying levels of ability and motivation. This research will describe the use of videos from YouTube as a medium for learning physical education, sports and health to increase the creativity of PJOK teachers in class VII SMP Negeri 1 Poga and add insight to students. This research is a descriptive research with qualitative methods, qualitative descriptive research is research that tries to describe something as it is by using words, which aims to obtain a clear, objective, systematic and careful description of the topic raised as a problem later. The results of this study show that the video can stimulate teacher creativity, interest and motivation. In addition, through this media, student knowledge, preparation of teaching materials, material selection, teacher delivery methods are progressing. Using videos from Youtube as a medium indirectly increases interest in learning among them, in terms of finding ideas and material so students don't feel bored.

 

Downloads

Published

30-06-2022

How to Cite

Lay, S., Nurjamin, A., & Suherman, U. (2022). PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DARI YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI KELAS VII SMP NEGERI 1 POGA. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 7(2), 202–210. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/1356

Issue

Section

Articles