PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ISPRING PRESENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Authors

  • Evi Novianti Sastrakusumah Institut Pendidikan Indonesia
  • Uman Suherman Institut Pendidikan Indonesia
  • Deni Darmawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jamilah Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

media pembelajaran interaktif, berpikir kritis, PPKn, interactive learning media, critical thinking

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: Penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi I-Spring Presenter dalam meningkat kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMK Negeri 14 Garut. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen terhadap dua kelas yang berbeda, yaitu kelas XI SMKN 14 Garut. Satu kelas diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran interaktif dan satu diberi perlakukan menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran PPKn. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: Penggunaan media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi I-Spring Presenter dapat meningkat kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMK Negeri 14 Garut.

The purpose of this study was to find out: The use of interactive learning media assisted by the application of I-Spring Presenter in increasing students' critical thinking skills in class XI PPKn subjects in SMK 14 Garut. The research method used is a quasi-experimental study of two different classes, namely class XI SMK 14 Garut. One class was treated using interactive learning media and one was treated using conventional methods in learning PPKn. The conclusions that can be drawn from this study are: The use of interactive learning media assisted by the application of I-Spring Presenter can increase students' critical thinking skills in class XI PPKn subjects in SMK 14 Garut.

References

Ariani, Niken dan Dany Haryanto. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta : Prestasi Pustaka

Arifin Zainal, 2011, Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Danim, Sudarman. 1994. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Darmawan, D., Ruyadi, Y., Abdu, W.J., Hufad, A. (2017). Efforts to Know the Rate at which Students Analyze and Synthesize Information in Science and Social Science Disciplines: A Multidisciplinary Bio-Communication Study, OnLine Journal of Biological Sciences, Volume 17, Number 3 (2017) pp 226-231. DOI: 10.3844/ojbsci.2017 .226.231

Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia, International Journal of Applied Engineering Research, Volume 11, Number 15 (2016) pp 8641-8645.

Darmawan, D., Kartawinata, H., Astorina, W. (2018). Development of Web-Based Electronic Learning System (WELS) in Improving the Effectiveness of the Study at Vocational High School “Dharma Nusantara. Journal of Computer Science 2018, 14 (4): 562.573. DOI: 10.3844/jcssp.2018.562.573.

Fajar, M.Y., Harahap, E., Sukarsih, I., Rohaeni, Onoy., Suhaedi, Didi., “Implementation of Lesson Study on Integral Calculus Course“, Proceeding The 8th International Conference on Lesson Study (ICLS) 2017, pp. 400-407, Universitas Hamzanwadi, Lombok Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 14-16 September 2017. ISBN: 978-602-98097-8-7.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F.H., Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika. Vol. 16 No. 2 Desember 2017. pp. 88-94.

Darmawan, Deni. 2014. Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran-Peranannya sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Faiz, Fahrudin. 2015. Thinking Skill pengantar Menuju Berpikir Kritis: Klaten: Suka Press

Hernowo, 2005. Menjadi Guru Yang Mau dan Mampu Megajar Secara Menyenangkan.Bandung: Mizan

Molan, Benyamin. 2012. Logika Ilmu dan Seni Berpikir Kritis. Jakarta: PT Index

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mustaji. (2012). Pengembangan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran. Jakarta

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2012. Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup

Ralingson J. G. 1997. Berfikir Kreatif dan Brain Storming. Jakarta: Erlangga

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sapriya & Maftuh Bunyamin. (2005). Jurnal Civicus :Implementasi KBK Pendidikan Kewarganegaraan dalam Berbagai Konteks. Bandung:Jurusan PMPKn FPIPS

Somantri, Numan. 1976. Metode Mengajar Civics. Jakarta : Erlangga

Downloads

Published

30-03-2018

How to Cite

Evi Novianti Sastrakusumah, Uman Suherman, Deni Darmawan, & Jamilah. (2018). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI ISPRING PRESENTER TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 8(1), 469–485. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/tekpen/article/view/2161

Issue

Section

Articles