Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Media Wordwall Di SMKN Pertanian 1 Sukaraja
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1278Keywords:
Evaluation, Learning, Media, WordwallAbstract
Abstrak — Pemanfaatan teknologi memegang peranan penting khususnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Dengan menerapkan permainan dalam pembelajaran dapat terciptanya evaluasi pembelajaran yang menyenangkan sehingga membuat siswa lebih bersemangat dalam mengerjakan soal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan media wordwall dalam kegiatan evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran pengembangan teknologi serat optik pada penggunaan media wordwall. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Dari instrumen angket yang telah dirancang mendapatkan hasil validitas sangat tinggi dengan nilai hasil persentase ketercapaian dari ahli media evaluasi sebesar 93% dengan kategori kelayakan sangat layak dan hasil dari ahli materi sebesar 91% dengan kategori layak. sangat layak. Dari hasil jawaban siswa terhadap angket yang dibagikan penulis menghasilkan rata-rata respon sebesar 41,4 yang menunjukkan bahwa media wordwall sangat efektif. Melihat hasil validitas ahli, dan hasil jawaban angket siswa, media evaluasi wordwall sangat layak dan efektif digunakan dalam pengembangan teknologi serat optik kelas X TKJ di SMKN Pertanian 1 Sukaraja.
Kata Kunci — Evaluasi, Pembelajaran, Media, Wardwall
Abstract — The use of technology plays an important role, especially the use of media in learning activities. By applying games in learning to create fun learning evaluations so as to make students more enthusiastic in doing problems. This research was conducted with the aim of determining the feasibility of wordwall media in learning evaluation activities on the subjects of fiber optic technology development on the use of wordwall media. The research method used in the research conducted is using descriptive quantitative methods. The data collection method used is a questionnaire. From the questionnaire instrument that has been designed to get very high validity results with the result value of the percentage of achievement from evaluation media experts of 93% with the feasibility category is very feasible and the results of material experts are 91% with the category of very feasible. From the results of students' answers on the questionnaire distributed by the author produced an average response of 41.4 which shows that wordwall media is very effective. Looking at the results of the validity of experts, and the results of the questionnaire answers of students, wordwall evaluation media is very feasible and effective to be used in the development of class X TKJ fiber optic technology at SMKN Pertanian 1 Sukaraja.
Keywords — Evaluation, Learning, Media, Wordwall.
References
I. A. Huda, “Irkham Abdaul Huda,Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar,Jurnal Pendidikan dan Konseling,Vol2No1,2020:hal121.,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 121–125, 2020.
I. Kamal, E. A. Firmansyah, K. K. Rafiah, A. F. Rahmawan, and C. Rejito, “Pembelajaran di Era 5.0,” no. November, pp. 265–276, 2020.
M. Santoso, “Rancang Bangun Game Edukatif Duta Indonesia (Dadu Dan Peta) Indonesia,” Konstr. J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 11, no. 1, pp. 20–31, 2019, doi: 10.35457/konstruk.v11i1.663.
F. Indriyani, Triurlina, and F. Alfarisa, “Efektivitas penggunaan media wordwall dalam latihan Harian matematika materi denah dan skala terhadap hasil belajar siswa di SDN menteng 03,” J. Persada, vol. III, no. 3, p. 7, 2022.
B. Kasa et al., “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring ( Online ) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar,” Haumeni J. Educ., vol. 1, no. 2, p. 6, 2021.
F. Mestyana Putri, “Efektifitas penggunaan media wordwall dalam pembelajaran daring (online) matematika pada materi bilangan cacah kelas 1 di MIN 2 kota tangerang selatan,” p. 140, 2020.
M. A. P. Tanjung, “Analisis Pengaruh Storytelling Terhadap Game Lorong Waktu – Pangeran Dipenogoro Sebagai Media Edukasi Sejarah Mahardika Abdi Prawira Tanjung Teknik Informatika – Universitas Komputer Indonesia Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika ( KOMPUTA )”.
T. G. Pradani, “Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar,” Educenter, vol. 1, no. 5, pp. 452–457, 2022.
L. umi Fatimah and K. Alfath, “Analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor,” vol. 8, p. 28, [Online]. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
M. S. A. Anggraini and E. K. E. Sartono, “Kelayakan Pengembangan Multimedia,” J. Teknol. Pendidik., vol. 07, no. 01, pp. 57–77, 2019.
Sugiyono, Penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D, Alfabeta. Bandung, 2018.
W. Budiaji, “Skala Pengukuran Skala Likert (The Measurement Scale in Likert Scale),” J. Ilmu Pertan. dan Perikan., vol. 2, no. 2, pp. 127–133, 2013.
A. Sa’adun, “Instrumen perangkat pembelajaran,” 2013.
R. Hera, Khairil, and Hasanuddin, “Pengembangan handout pembelajaran embriologi berbasis kontekstual pada perkuliahan perkembangan hewan untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa di universitas muhammadiyah banda aceh,” vol. 2, pp. 223–229, 2014.
R. Ulfa, “Reliabilitas artinya kestabilan pengukuran,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 12–26, 2018.