Pengembangan Video Pembelajaran Pada Materi Komunikasi Data di SMKN 2 Bandarlampung
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1281Keywords:
Data Communication, Learning Videos, Learning MediaAbstract
Abstrak — Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran komunikasi data yang valid dan praktis, yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 2 Bandarlampung. Subjek penelitian terdiri dari 30 mahasiswa pada jurusan tersebut di atas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan model pengembangan yang diadaptasi dari Sadiman, yang meliputi 9 tahap: 1) identifikasi kebutuhan, 2) perumusan tujuan, 3) perumusan materi, 4) perumusan keberhasilan alat ukur, 5) penulisan naskah, 6) produksi media, 7) pengujian, 8) revisi, dan 9) finalisasi media. Penelitian pengembangan ini berhasil menciptakan produk yang memenuhi standar validitas dan kepraktisan. Video pembelajaran yang dikembangkan telah melalui proses validasi dan memenuhi kriteria baik dan layak digunakan, dengan rata-rata skor penilaian ahli sebesar 0,88 untuk validitas isi dan 0,88 untuk validasi media termasuk dalam kategori sangat valid. Selain itu, video pembelajaran juga memperoleh hasil yang sangat baik pada uji praktikalitas dengan siswa dengan persentase rata-rata sebesar 84%.
Kata Kunci — Komunikasi Data, Video Pembelajaran, Media Pembelajaran
Abstrak — The goal of this research is to create a valid and practical instructional video on data communication, which can be used as a learning media for 12th-grade students in the Computer Engineering and Networking Department at SMK Negeri 2 Bandarlampung. The research subjects consist of 30 students in the aforementioned department. The research method used in this study is research and development (R&D), employing a development model adapted from Sadiman, which includes 9 stages: 1) needs identification, 2) objective formulation, 3) formulation of material items, 4) formulation of success measurement tools, 5) script writing, 6) media production, 7) testing, 8) revision, and 9) finalization of the media. This developmental research has successfully created a product that meets the standards of validity and practicality. The developed instructional video has undergone validation processes and meets the criteria for being good and suitable for use, with an average expert assessment score of 0.88 for content validity and 0.88 for media validation, falling into the category of highly valid. Additionally, the instructional video has also achieved excellent results in practicality testing with students, with an average percentage of 84%.
Keywords — Data Communication, Learning Videos, Learning Media
References
et al. Sumberharjo. Putra, “Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Di Taman Kanak-Kanak Tunas,” J. Speed –Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 7, no. 3, p. 24, 2015.
R. Agustien, N. Umamah, and S. Sumarno, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS,” J. Edukasi, vol. 5, no. 1, p. 19, 2018.
M. Ario, “Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, 2019.
N. I. Nahar, “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran,” J. Ilmu Pengetah. Sos., vol. 1, 2016.
A. Arsyad, Media pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2014.
H. Baharun, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE,” Cendekia J. Educ. Soc., 2016.
2017 Hariyati, “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Explainer Model Infographic Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di Man Yogyakarta Iii Tahun Ajaran 2016/2017,” Pendidik. Dan Ekon., 2017.
S. Virgana and R. Ningsih, “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif dan Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika,” J. Kaji. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, 2019.
M. Winarni, S. Anjaria, and M. Z. Romas, “Motivasi belajar ditinjau dari dukungan sosial orangtua pada siswa SMA,” J. Psikol., vol. 2, no. 9, pp. 1689–1699, 2016.
J. Teng, “The effectiveness of video tutorial and preview on selfefficacy, task performance and learning: an experimental study conducted at a middle school in Shanghai, China.”
S. Relis Agustien, Nurul Umamah, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso Dengan Model Addie Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS,” J. EDUKASI, vol. 1, pp. 19–23, 2018.
G. Dieck-Assad, J. M. Hinojosa-Olivares, and J. ColomerFarrarnos, “Study of the effectiveness of interactive videos in applied electronics courses,” Int. J. Interact. Des. Manuf., vol. 14, no. 3, pp. 983–1001, 2020