Perancangan User Interface Dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pada Startup Timbangin Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD)

Authors

  • Gede Agus Sarjana Sistem Informasi, Primakara University
  • I Putu Agus Swastika Sistem Informasi, Primakara University
  • I Gede Juliana Eka Putra Sistem Informasi, Primakara University

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1282

Keywords:

Human Centered Design, Startup, User Experience Questionnare, User Interface

Abstract

Abstrak — Timbangin merupakan sebuah startup yang bergerak di bidang menyediakan layanan penjualan dan pembelian barang bekas atau sampah daur ulang. Timbangin sendiri saat ini mengandalkan website yang terhubung ke whatsapp business untuk melayani pembeliannya dan Instagram sebagai media marketing. Karena Timbangin merupakan sebuah startup, diperlukan upaya pengembangan untuk memperluas dan meningkatkan pertumbuhan Timbangin, serta mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Salah satu bentuk pengembangan ini adalah dengan membangun sebuah aplikasi mobile. Dalam perancangan user interface aplikasi Timbangin Mobile, metode penelitian yang akan digunakan yaitu metode Human Centered Design (HCD). Human Centered Design (HCD) merupakan pendekatan yang berfokus pada penggunaan sistem, penggunaan ergonomi manusia, dan aspek kegunaan, untuk meningkatkan kegunaan sistem yang interaktif. Hasil prototype di evaluasi menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) dengan mendapatkan hasil yang diperoleh mencapai nilai rata-rata 1,77 dari skala daya tarik, skala kejelasan mencapai rata-rata 1,89, skala efisiensi mencapai rata-rata 1,62, skala ketepatan mencapai rata-rata 1,44, stimulasi mencapai rata-rata 1,82, dan skala kebaruan mencapai rata-rata 1,88. Dengan hasil rata-rata benchmark ini, maka dapat dikatagorikan bahwa Timbangin Mobile mendapatkan evaluasi yang sangat baik dari pengguna dengan kategori yang diperoleh mulai dari diatas rata-rata (above average), baik (good), serta unggul (excellent).

Kata Kunci— Human Centered Design, Startup, User Experience Questionnare, User Interface 

 

Abstract — Timbangin is a startup operating in the field of providing services for buying and selling used items or recycled waste. Currently, Timbangin relies on a website connected to WhatsApp Business to serve its customers and Instagram as a marketing platform. As Timbangin is a startup, there is a need for development efforts to expand and enhance its growth, as well as to compete in a broader market. One form of this development is by building a mobile application. In designing the user interface for the Timbangin Mobile application, the research will utilize the Human Centered Design (HCD) method. Human Centered Design (HCD) is an approach that focuses on the use of systems, human ergonomics, and usability aspects to enhance the usability of interactive systems. The prototype's results were evaluated using the User Experience Questionnaire (UEQ), obtaining average scores of 1,77 for attractiveness, 1,89 for clarity, 1,62 for efficiency, 1,44 for precision, 1,82 for stimulation, and 1,88 for novelty. With these benchmark average scores, it can be categorized that Timbangin Mobile received an excellent evaluation from users, falling into categories ranging from above average, good, to excellent.

Keywords— Human Centered Design, Startup, User Experience Questionnare, User Interface

References

Galuh Putri Riyanto, “Pengguna Internet di Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022,” Kompas.com, Jun. 10, 2022. https://www.kompas.com/ (accessed Nov. 10, 2022).

Badan Pusat Statistik, “Persentase Penduduk yang Memiliki/Menguasai Telepon Seluler Menurut Provinsi dan Klasifikasi Daerah 2019-2021,” Bps.go.id, 2021. https://bps.go.id/ (accessed Nov. 10, 2022).

Ericha Andreya, “Startup Lokomotif Pertumbuhan Ekonomi Digital,” Aptika.kominfo.go.id, Sep. 01, 2022. https://aptika.kominfo.go.id/ (accessed Nov. 10, 2022).

M. Ardi Jaya, R. Ferdiana, and S. Fauziati, “Analisis Faktor Keberhasilan Startup Digital di Yogyakarta,” Prosiding SNATIF Ke-4 Tahun 2017, pp. 167–173, 2017.

N. Putu Juli Widhiantari, I. Putu Agus Swastika, and N. Made Estiyanti, “Analisa Valuasi Startup Menggunakan Metode The Dave Berkus Untuk Menentukan Nilai Perusahaan PT. Farmindo,” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 2, 2020.

I. Wayan Yudha Pratama and I. Gede Juliana Eka Putra, “Pengembangan Startup Inmotioon Dengan Menggunakan Metode Javelin Board Dan Lean Startup,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, vol. 16, no. 2, 2022.

R. Hardiansyah and D. Tricahyono, “Identifikasi Faktor-Faktor Kesuksesan Start Up Digital di Kota Bandung,” Jurnal Ekonomi, vol. 27, no. 2, pp. 134–145, 2019, [Online]. Available: http://je.ejournal.unri.ac.id/

M. Multazam, I. V Paputungan, and B. Suranto, “Perancangan User Interface dan User Experience pada Placeplus menggunakan pendekatan User Centered Design,” 2020.

A. R. Setiadi and H. Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” Jurnal Sisstem Informasi, pp. 1–6, 2020.

A. S. Pahlevi, M. Ashar, A. Gunawan, A. Fascal, I. Unversitas, and N. Malang, “Designing User Interface Design ‘Qalifa’ Apps with Design Thinking Method Approach: Human Centered Design and Heuristic Evaluation for Ergonomic Efficiency and User Visual Literacy,” ISoLEC Proceedings, pp. 299–310, 2019.

D. Ria, Y. Tb, N. Aulia, and I. Kesehatan, “Start Up Digital Business: Mengenal Peluang dan Tips Bisnis Bagi Para Pemula,” Jurnal Pengabdian Masyarakat INOTEC UUI, vol. 3, no. 2, pp. 34–39, 2021.

I. Luh Made Sischa Octarina, N. Made Estiyant, and I. Putu Agus Swastika, “Analisis Valuasi Startup Studi Kasus Beritabali.com,” Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi, vol. 5, no. 3, pp. 163–169, 2022.

S. I. Miranda and S. Wibowo, “The Influenence of Mobile Application Pt. Tabungan Dan Asuransi Pegawai Negeri Officer at The Insurance Product and Savings on Brand Awaraness (Case Study Pt. Taspen Bandung Year 2020),” e-Proceeding of Applied Science, vol. 6, no. 2, pp. 939–953, 2020.

A. M. Lukman and D. Aryanto, “Aplikasi Edukasi Ekosistem Pengenalan Dunia Hewan Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android,” Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 7, no. 2, pp. 58–65, 2019.

S. Johan Senaputra, I. Gede Juliana Eka Putra, and K. Queena Fredlina, “Aplikasi Pencarian Jadwal Ibadah dan Kegiatan Gereja Kristen Jawi Wetan Berbasis Mobile (Studi Kasus Kabupaten Jember),” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 3, pp. 73–82, 2020.

I. G. P. A. P. Wulantari, N. K. A. Wirdiani, and P. Wira Buana, “Penerapan Metode Human Centered Design Dalam Perancangan User Interface (Studi Kasus: PT.X),” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, vol. 2, no. 3, pp. 1–12, 2021.

S. A. Abdallah Umar and R. Isyawati Permata Ganggi, “Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada Ijateng,” Jurnal Ilmu Perpustakaan, vol. 8, no. 4, pp. 11–21, 2019, [Online]. Available: https://kominfo.go.id

E. Ardyanto, H. Tolle, and D. Priharsari, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Informasi Pajak dan Pembayaran Terpadu Kota Malang dengan Metode Human Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 8, pp. 3399–3404, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

L. Putu, D. Citra, Y. Wardana, S. Hadi Wijoyo, and B. S. Prakoso, “Perancangan User Experience dengan menggunakan Metode HCD dan UEQ (Studi Kasus: Layanan Peminjaman Asset Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 312–322, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

F. Febrianto and W. Andhika, “Penggunaan Metode User Persona dalam Upaya Penambahan Kebutuhan Fitur Learning Management System,” Jurnal Health Sains, vol. 2, no. 7, pp. 1245–1256, Jul. 2021.

W. Andhyka Kusuma et al., “Penggunaan User Persona Untuk Evaluasi Kebutuhan dan Meningkatkan Pengalaman Perangkat Lunak,” Seminar Nasional Teknologi dan Rekayasa , pp. 21–31, 2020.

R. A. Abdillah, S. Hadi Wijoyo, I. Sartika, and E. Maghfiroh, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Tiket Pendakian Semeru menggunakan Metode Human-Centered Design,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 6, no. 5, pp. 2236–2245, 2022, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

E. Cindy Pratiwi, “Perancangan UI/UX Sebagai Visualisasi Aplikasi Pemesanan Dekorasi Pernikahan Berbasis Mobile Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna,” Surabaya, 2022

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Sarjana, G. A., Swastika, I. P. A., & Putra, I. G. J. E. (2023). Perancangan User Interface Dan Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pada Startup Timbangin Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD). Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 124–138. https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1282