Perancangan Aplikasi Mobile BFI Finance Untuk Meningkatkan Kemudahan Pembayaran Bagi Nasabah
DOI:
https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1284Keywords:
BFI Finance, Payments, Customers, Mobile ApplicationsAbstract
Abstrak — Salah satu perusahaan pembiayaan terkenal di Indonesia adalah bfi finance. Namun, metode pembayaran tradisional seperti transfer bank dan pembayaran langsung dikantor cabang menyebabkan beberapa masalah bagi pelanggan, seperti waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembayaran dan biaya tambahan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi mobile yang dapat memudahkan nasabah bfi finance untuk melakukan pembayaran. Untuk mencapai tujuan, penelitian ini menggunakan metode waterfall, yang merupakan pendekatan linear yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengembangan, pengujian, dan penetapan. Penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi bfi finance dapat membuat pembaaran cicilan lebih mudah dan menyenangkan. Aplikasi ini juga dapat mengurangi biaya tambahan yang biasanya dikenakan pada nasabah. Hasil akhir penelitian ini adalah bahwa aplikasi mobile yang dirancang dengan baik dapat membantu nasabah BFI Finance melakukan pembayaran dengan lebih mudah dan cepat. Aplikasi ini sekarang dapat melacak riwayat transaksi dan memberikan notifikasi pembayaran serta mengintegrasikan berbagai metode pembayaran elektronik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini memenuhi standar kualitas dan memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.
Kata Kunci — BFI Finance, Pembayaran, Nasabah, Aplikasi Mobile
Abstract — One of the well-known finance companies in Indonesia is BFI Finance. However, traditional payment methods such as bank transfers and direct payments at branch offices cause some problems for customers, such as the time required to make payments and additional fees. Therefore, the purpose of this research is to create a mobile application that can make it easier for BFI finance customers to make payments. To achieve the goal, this study uses the waterfall method, which is a linear approach consisting of the stages of analysis, design, development, testing, and determination. This research shows that the BFI finance application can make paying installments easier and more enjoyable. This application can also reduce additional fees that are usually charged to customers. The final result of this study is that a well-designed mobile application can help BFI Finance customers make payments more easily and quickly. This application can now track transaction history and provide payment notifications as well as integrate various electronic payment methods. The test results show that this application meets quality standards and provides a satisfying user experience.
Keywords — BFI Finance, Payments, Customers, Mobile Applications
References
A. Priyani, S. Maryam, and B. A. Yani, “Studi Komparasi Persepsi Kemanfaatan Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Mobile Banking Antara Generasi X, Generasi Y, Dan Generasi Z (Studi pada pengguna layanan mobile banking BCA di Kota Surakarta),” J. Ilm. Edunomika, vol. 4, no. 02, pp. 357–368, 2020, doi: 10.29040/jie.v4i02.1006.
Fauzani and Dwi Ade Handayani Capah, “Aplikasi Manajemen Keuangan Pribadi (Angsa) Berbasis Android,” Jukomika, vol. 2, no. 5, pp. 2655–755, 2019.
R. Fadillah and L. Slamet, “Perancangan Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Di Smk Negeri 6 Padang,” Voteteknika (Vocational Tek. Elektron. dan Inform., vol. 7, no. 2, p. 61, 2019, doi: 10.24036/voteteknika.v7i2.104197.
E. Purwanto, “Pengembangan Sistem Pembayaran Mahasiswa Dengan Mobile Payment Btn Syariah,” J. Inkofar, vol. 1, no. 2, pp. 51–59, 2018.
E. D. Handoyo, S. Santoso, and D. J. Surjawan, “Pengembangan Aplikasi Mobile Pemesanan dan Pembayaran Makanan Berbasis Cloud Storage,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 8, no. 1, pp. 161–174, 2022, doi: 10.28932/jutisi.v8i1.4393.
S. Robo, A. Sah, and A. T. Sidarmawan, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Pengembangan Sistem Informasi E-Learning (Studi Kasus : SMP Negeri 5 Jayapura),” JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 4, no. 2, pp. 154–164, 2021, doi: 10.36085/jsai.v4i2.1618.
D. S. Mubiarto, R. R. Isnanto, and I. P. Windasari, “Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi ‘BCA Mobile’ Menggunakan Metode User Centered Design (UCD),” J. Tek. Komput., vol. 1, no. 4, pp. 209–216, 2023, doi: 10.14710/jtk.v1i4.37686.
D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39.
M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, p. 70 halaman, 2020.
P. Erviansyah, I. P. Windasari, and R. Kridalukmana, “Perancangan E-Commerce Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Pembayaran Blockchain Designing E-Commerce Based on Android Using Blockchain Payment Method,” J. Tek. Komput., vol. 1, no. 3, pp. 101–111, 2022, doi: 10.14710/jtk.v1i3.36844.
R. Bahtiar, R. Myrna, and E. Susanti, “Digital Government Dalam Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Berbasis Aplikasi SAMSAT Mobile Jawa Barat (SAMBARA) di Jawa Barat,” Kolaborasi J. Adm. Publik, vol. 7, no. 2, pp. 230–253, 2021.
I. W. D. Bancin and N. Jannah, “Analisis Minat Nasabah pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile dalam Pembayaran E-Commerce: Studi Kasus pada Mahasiswa UINSU,” J. Ilmu Komputer, Ekon. dan Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 1487–1499, 2022.
A. L. Christianti and A. Ariesta, “Sistem Informasi Laporan Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Kelurahan Gunung Menggunakan Uml,” IDEALIS Indones. J. Inf. Syst., vol. 1, no. 1, pp. 481–488, 2018.
I. N. W. Jaya and G. A. V. Mastrika Giri, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Chatting (DChat) Pada Rumah Sakit Umum Permata Hati Berbasis Mobile,” JELIKU (Jurnal Elektron. Ilmu Komput. Udayana), vol. 7, no. 3, p. 127, 2019, doi: 10.24843/jlk.2019.v07.i03.p02.
F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019, doi: 10.31504/komunika.v8i1.1832.