Literasi Digital Siswa Dengan Pemanfaatan Media Interaktif Pada Mata Pelajaran TIK Untuk Kelas VIII SMPIT Bina Bangsa

Authors

  • Mayang Sari Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Bina Bangsa
  • Dewi Surani Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Bina Bangsa
  • Ade Fricticarani Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1285

Keywords:

ICT, Digital Literacy, Information and Communication Techonology, Interactif Media

Abstract

Abstrak — Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan media interaktif yang dapat digunakan sebagai penunjang keammpuan literasi digital siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media interaktif serta kemampuan literasi digital siswa dengan memanfaatkan media interaktif  pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dan untuk mengetahui literasi digital siswa dengan pemanfaatan media interaktif pada mata pelajaran TIK khusus untuk kelas VIII di SMPIT Bina Bangsa Kota Serang penelitian ini menggunkan metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis hasil dari observasi dan wawancara dengan narasumber serta dibantu dengan data pendukung seperti penyebaran angket kepada responden yakni siswa kelas VIII SMPIT Bina Bangsa. Subjek dalam penelitian ini yakni guru mata pelajaran TIK dan siswa kelas VIII dengan dua siswa perwakilan dari tiap kelas. Teknik pengumpulan data dalam dilakukan dengan wawancara, observasi dan menggunakan data pendukung dengan menyebar angket kepada siswa. Dan hasil penelitian ini diharapkan mampu dapat dikembangkan oleh guru maupun pihak sekolah dalam pemanfaatan ICT. Hasil penelitian menunjukan tentang literasi digital siswa dengan pemanfaatan ICT untuk mata pelajaran TIK di SMPIT Bina Bangsa, menunjukan sebanyak 82% siswa termasuk kedalam kategori tinggi, dan 74% siswa termasuk kedalam kategori cukup baik, 64% siswa termasuk kategori baik, 50% siswa termasuk kategori cukup. maka dapat disimpulkan bahwa pengetahuan literasi digital berada pada kategori sangat baik. telah terbukti pemanfaatan ICT sangat dibutuhkan oleh guru dan bisa menambah pengetahuan luas pada literasi digital siswa disekolah.

Kata kunci —  TIK, Literasi digital, Information and Communication Techonology,  Media Interaktif

 

Abstract — This research is motivated by the lack of utilization of interactive media that can be used to support students digital literacy skills. This study aims to find out how to use interactive media and students' digital literacy skills by utilizing interactive media in Information and Communication Technology subjects. And to find out students' digital literacy by using interactive media in ICT subjects specifically for class VIII at SMPIT Bina Bangsa Serang City, this research uses a descriptive qualitative method by analyzing the results of observations and interviews with informants and assisted with supporting data such as distributing questionnaires to respondents, namely class VIII students of SMPIT Bina Bangsa. The subjects in this study were ICT subject teachers and class VIII students with two student representatives from each class. Data collection techniques were carried out by interviews, observation and using supporting data by distributing questionnaires to students. And the results of this study are expected to be able to be developed by teachers and schools in the use of ICT. The results showed that students' digital literacy using ICT for ICT subjects at SMPIT Bina Bangsa showed that 82% of students were in the high category, and 74% of students were in the fairly good category, 64% of students were in the good category, 50% of students were in the good category. enough category. it can be concluded that digital literacy knowledge is in the very good category. it has been proven that the use of ICT is needed by teachers and can add extensive knowledge to students' digital literacy in schools.

Keywords — ICT, Digital Literacy, Information and Communication Techonology, Interactif Media

References

A. Seppewali and D. Damma, “Literasi Digital Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Siswa Sd Inpres Cambaya 3 Kota Makassar,” Swadimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 01, pp. 61–68, 2023, doi: 10.56486/swadimas.vol1no01.300.

W. Setiawan, “Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan,” Semin. Nas. Pendidik., pp. 1–9, 2017.

Sutami, M. H. Qamruzzaman, F. Amelia, and Sam’ani, “Peningkatakan Literasi Digital Multimedia Video Editing Bagi Siswa-Siswi SMAN 1 Kahayan Tengah,” J. Abdimas Gorontalo Vol. 5(2), Hal 1 - 5, vol. 5, no. 2, pp. 9–25, 2019.

H. A. Naufal, “Literasi Digital,” Perspektif, vol. 1, no. 2, pp. 195–202, 2021, doi: 10.53947/perspekt.v1i2.32.

A. R. Sabrina, “Literasi Digital Sebagai Upaya Preventif Menanggulangi Hoax,” Commun. J. Commun. Stud., vol. 5, no. 2, p. 31, 2019, doi: 10.37535/101005220183.

R. Rodin and A. D. Nurrizqi, “Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Dalam Pemanfaatan E-Resources UIN Raden Fatah Palembang,” Pustakaloka, vol. 12, no. 1, pp. 72–89, 2020, doi: 10.21154/pustakaloka.v12i1.1935.

Helaludin, “Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi,” Pendais, vol. I, no. skor 403, pp. 44–55, 2019.

I. Naila, M. Ridlwan, and M. A. Haq, “Literasi Digital bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar: Analisis Konten dalam Pembelajaran,” J. Rev. Pendidik. Dasar J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 7, no. 2, pp. 166–122, 2021, doi: 10.26740/jrpd.v7n2.p166-122.

D. Tarigan and S. Siagian, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi,” J. Teknol. Inf. Komun. Dalam Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 187–200, 2015, doi: 10.24114/jtikp.v2i2.3295.

Y. Purwanti, S. Falahiyah, and ..., “Persepsi Siswa dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android pada Pembelajaran,” PETIK J. …, vol. 9, no. 1, pp. 76–83, 2023.

M. A. Nurcahyo, “Penggunaan multimedia interaktif untuk meningkatkan literasi digital siswa SMP pada mata pelajaran IPA,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, vol. 9, no. 2, pp. 132–138, 2020, doi: 10.31571/saintek.v9i2.2077.

R. E. Kurniawan, N. A. Makrifatullah, N. Rosar, Y. Triana, and K. Kunci, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan,” J. Ilm. Multi Disiplin Indones., vol. 2, no. 1, pp. 163–173, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, no. August. 2018.

H. S. Harjono, “Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa,” Pena J. Pendidik. Bhs. dan Sastra, vol. 8, no. 1, pp. 1–7, 2019, doi: 10.22437/pena.v8i1.6706.

S. M. Dhoti, Darmawati, and Nikmah, “Meningkatkan Literasi Digital Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif,” vol. 7, no. 1, 2022, doi: 10.34125/mp.v7i1.757.

A. A. S. Kuntum Annisa Imania, Yuniar Purwanti, Siti Husnul Bariah, “Penerapan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK Kelas X Di SMA Negeri 4 Garut,” PETIK Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 9, no. 1, pp. 19–26, 2023, [Online]. Available: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/petik/article/view/2722.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Sari, M., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Literasi Digital Siswa Dengan Pemanfaatan Media Interaktif Pada Mata Pelajaran TIK Untuk Kelas VIII SMPIT Bina Bangsa. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 156–163. https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1285