Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Variasi Media Berbasis Android

Authors

  • Sugianta Nirawana I Wayan Universitas Mulawarman
  • Romisa Fahmi Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1488

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Rapid Prototyping Model, Variasi Media

Abstract

Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri terbimbimbing menggunakan variasi media untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata kuliah sistem operasi. Variasi media bertujuan untuk memberikan hal yang menarik dengan penjelasan yang lebih rinci. Pada aplikasi terdapat petunjuk, tujuan, materi, video pembelajaran, kuis dan tentang. Pembuatan aplikasi menggunakan metode Rapid Prototyping Model yaitu, asses needs and analyze content, set objektives, contruct prototype (design), utility prototype (research), install and maintance system. Aplikasi android dibuat dengan power point, ispring suite 10 dan website Apk 2 builder pro. Proses editing audio dan video menggunakan software Camtasia 2021. Hasil evaluasi test kepada peserta didik rata-rata nilainya 65,55. Hasil survei umpan balik kepada peserta didik tentang aplikasi sistem operasi secara keseluruhan kategori baik dengan perbandingan sebelum revisi dan sesudah revisi. Pemahaman peserta didik pada materi sistem operasi paling tinggi kategori memahami sebesar 50%.

Kata Kunci — Inkuiri Terbimbing, Rapid Prototyping Model, Variasi Media

 

Abstract — This study aims to implement guided inquiry learning models using a variety of media to increase students' understanding of operating systems courses. Media variations aim to provide interesting things with more detailed explanations. In the application there are instructions, objectives, materials, learning videos, quizzes and about. Making applications using the Rapid Prototyping Model method, namely, assess needs and analyze content, set objectives, construct prototype (design), utility prototype (research), install and maintain system. Android application created with power point, ispring suite 10 and website Apk 2 builder pro. The audio and video editing process uses Camtasia 2021 software. The results of the evaluation test for students have an average score of 65.55. The results of the feedback survey to students regarding operating system applications as a whole are good categories with comparisons before revision and after revision. Students' understanding of operating system material was in the highest understanding category at 50%.

Keywords — Guided Inquiry, Rapid Prototyping Model, Media Variation

References

B. A. Karim, “Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis),” Education and Learning Journal, vol. 1, no. 2, pp. 102–112, Jul. 2020, doi: 10.33096/Eljour.V1I2.54.

E. Hasim, “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19,” Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, pp. 69–74, 2020, Accessed: Feb. 07, 2023. [Online]. Available: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSI/article/view/403/364

S. Ibnu, V. Verawati, and H. Hikmawati, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Alat-Alat Optik,” ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 27–32, May 2021, doi: 10.31764/ORBITA.V7I1.3803.

Nurfajriani and Samuel, “Implementasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit SMA Kelas X,” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 13, no. 1, pp. 1–11, Jul. 2022, doi: 10.35335/Cendikia.V13I1.2510.

R. S. Dewi and S. Aini, “Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga,” Journal of Multidisciplinary Research and Development, vol. 3, no. 1, pp. 162–171, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.ranahresearch.com.

C. D. T. Haspen, S. Syafriani, and R. Ramli, “Validitas E-Modul Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik,” JURNAL Eksakta Pendidikan (JEP), vol. 5, no. 1, pp. 95–101, May 2021, doi: 10.24036/jep/vol5-iss1/548.

M. Khoirul Huda, N. F. Rozi, I. T. Adhi, and T. Surabaya, “Rancang Bangun Sistem Gudang Berbasis Web Dengan Model Pengembangan Rapid Prototyping,” 2022. Accessed: Feb. 07, 2023. [Online]. Available: http://ejurnal.itats.ac.id/sntekpan/article/view/3351/2797

C. , Kustandi and D. Darmawan, Pengembangan Media Pembelajaran Konsep dan Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik dan Masyarakat, Pertama. Jakarta: Kencana, 2020.

L. Maryani, V. A. Sopiansah, P. Ekonomi, F. Keguruan, I. Pendidikan, and U. Pasundan, “Penggunaan variasi media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika siswa kelas XI ips 3 SMA Negeri 2 Merauke,” core.ac.uk, vol. 5, no. 1, pp. 2019–63, Accessed: Feb. 07, 2023. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/268214564.pdf

D. N. Antika, E. Hastuti, and K. Dianasari, “Kreativitas Guru Min 02 Kota Madiun Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Pelajaran Tematik IPS,” Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 195–202, Jul. 2022, doi: 10.33603/.v5i2.7280.

U. Telaumbanua, D. Ziliwu, and A. R. Harefa, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia,” vol. 1, no. 1, pp. 1–12, 2022, doi: 10.56248/educatum.v1i1.27.

Y. M. Juanda, Y. Hendriyani, J. Hamka, K. Unp, and A. T.Padang, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Addie.” [Online]. Available: http://javit.ppj.unp.ac.id

S. Nawangsari, R. K. Harahap, H. Al Rasyid, N. Herlina, E. Ekowati, and A. I. Asmarany, “Design of Mobile Digital Healthcare Application For Pregnant Women Based on Android,” Matrik : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 2, pp. 439–450, Mar. 2022, doi: 10.30812/matrik.v21i2.1527.

D. A. Dewi, G. Sabaritha Nimaisa, S. Poetrie, and C. Amalia, “Analisis Pemahaman Mahasiswa PGSD UPI Cibiru Terhadap Mata Kuliah Pembelajaran Pkn Di Sekolah Dasar,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.31949/jcp.v8i1.1912.

A. A. J. Permana and K. Setemen, Sistem Operasi, Cetakan 1. Depok: PT. Rajagrafindo Perkasa, 2022.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

I Wayan, S. N., & Fahmi, R. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Variasi Media Berbasis Android . Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 94–101. https://doi.org/10.31980/petik.v9i2.1488