Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Rupa Materi KerajinanTangan Dari Tulang Daun SDN 07 Regol
Keywords:
Pembelajaran Berbasis Proyek, Media Tulang Daun, Kreativitas, Seni rupa, Kerajinan tanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantukan media tulang daun terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran seni rupa materi kerajinan tangan. Penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design dengan subjek siswa kelas IV SDN 07 Regol yang dibagi menjadi dua kelompok eksperimen dengan model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok kontrol dengan metode konvensional. Kreativitas siswa diukur menggunakan tes kinerja . Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan signifikan dalam skor kreativitas antara kelompok eksperimen dan kontrol. Rata-rata skor kreativitas kelompok eksperimen meningkat dari 60,75 pada pretest menjadi 85,50 pada posttest, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 61,25 menjadi 67,30. Uji t menunjukkan nilai t-hitung (6,45) lebih besar dari t-tabel (2,00) pada tingkat signifikansi 0,05, menunjukkan pengaruh positif signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantukan media tulang daun terhadap kreativitas siswa