PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS 3 SDS MUHAMMADIYAH 5 GARUT KOTA
Keywords:
Lembar Kerja Peserta Didik, Minat Belajar, Kemampuan Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik terhadap minat dan kemampuan pemahaman konsep perubahan energi siswa kelas 3 SDS Muhammadiyah 5. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen tipe Non-equivalanet control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan adanya kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil post-test pada angket minat belajar menunjukkan sesuai dengan uji hipotesis t hitung =7,52051 dan t tabel = 2,025. Dan hasil post-test pada tes kemampuan pemahaman konsep menunjukkan sesuai dengan uji hipotesis t hitung = 7,52051 dan t tabel = 2,025. Maka pada t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik secara signifikan meningkatkan minat dan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas 3