PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS 3 SDS MUHAMMADIYAH 5 GARUT KOTA

Authors

  • Siti Azzahra Chaerunnisa Institut Pendidikan Indonesia
  • Abdul Hakim
  • Rohani Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Lembar Kerja Peserta Didik, Minat Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik terhadap minat dan kemampuan pemahaman konsep perubahan energi siswa kelas 3 SDS Muhammadiyah 5. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain quasi eksperimen tipe Non-equivalanet control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan adanya kelas kontrol dan kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui angket minat belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil post-test pada angket minat belajar menunjukkan sesuai dengan uji hipotesis t hitung =7,52051 dan t tabel = 2,025. Dan hasil post-test pada tes kemampuan pemahaman konsep menunjukkan sesuai dengan uji hipotesis t hitung = 7,52051 dan t tabel = 2,025. Maka pada t hitung > t tabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lembar kerja peserta didik secara signifikan meningkatkan minat dan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas 3

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Chaerunnisa, S. A., Hakim , A., & Rohani. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN ENERGI SISWA KELAS 3 SDS MUHAMMADIYAH 5 GARUT KOTA. Bale Aksara , 5(1), 15–25. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara/article/view/2149

Issue

Section

Articles