PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Febi aulia Zahra Institut Pendidikan Indonesia
  • Neni Nadiroti Muslihah Institut Pendidikan Indonesia
  • Yennie Indriati Widyaninsih Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Media gambar, Permainan Puzzle, Minat belajar, Pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VC yang berjulah 20 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. hasil penelitian nunjukkan bahwa penerapan media gambar dan permainan puzzle terhadap pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS lebih baik dan menunjukan pengaruh yang signifikan dari pada yang tidak menggunakan media pembelajaran. hal ini dibuktikan Pada taraf 5% membuktikan bahwa adanya pengaruh media gambar dan permainan puzzle berhasil meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas V SD Kartika Siliwangi 3, dapat dilihat dengan to 2.03 > 1.90 untuk pemahaman konsep dan to 2.03 > 1.45 untuk minat belajar. Terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen, hasil kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa media gambar dan permainan puzzle dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran didalam kelas.

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Zahra, F. aulia, Muslihah, N. N., & Widyaninsih, Y. I. (2024). PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Bale Aksara , 5(1), 26–35. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara/article/view/2150

Issue

Section

Articles