PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SD KELAS 5

Authors

  • Fahmiani Zakiyah Institut Pendidikan Indonesia
  • Rohani Institut Pendidikan Indonesia
  • Maulida Aulia Rahman Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Ketearampilan Proses Sains, Quantum Learning, Cooperative learning type STAD

Abstract

Keterampilan proses sains ini sangat penting dimiliki oleh siswa, tetapi pada kenyataannya nilai keterampilan proses sains Indonesia dikancah Internasional sangatlah rendah. Sehingga diperlukan upaya untuk meningkatkan keterampilan proses sains salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dan Cooperative Learning Type STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan Model Pembelajaran Quantum Learning dan Cooperative Learning Type STAD terhadap keterampilan proses sains pada pelajaran IPA SD kelas 5 di SD IT Cokroaminoto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD IT Cokroaminoto, dimana siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berjumlah 21 orang dan siswa kelas V-B sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Type STAD yang berjumlah 21 orang. Pengambilan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian, yang berjumlah 10 soal. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Quantum Learning dan Cooperative learning tipe STAD

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Zakiyah, F., Rohani, & Rahman, M. A. (2024). PERBANDINGAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA SD KELAS 5. Bale Aksara , 5(1), 36–42. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara/article/view/2151

Issue

Section

Articles