Pengaruh Penggunaan Media Kubus Rukun Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas IV SDS Muhamadiyah 5 Garut Kota

Authors

  • Dewi Rara Ayu Septiasari Institut Pendidikan Indonesia
  • Lutfi Asy'ari Institut Pendidikan Indonesia
  • Abdul Hakim Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Media kubus rukun, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media kubus rukun terhadap hasil belajar pada pembelajaran PPKn siswa kelas IV SDS Muhamadiyah 5. Studi eksperimen terhadap siswa kelas IV di SDS Muhamadiyah 5. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan  menggunakan desain quasi eksperimen yang digunakan tipe Non-equivalent control group design.Subjek penelitian  adalah siswa kela IV dengan adanya kelas control dan kelas eksperimen. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Hasil post- test pada  tes hasil belajar menunjukkan sesuai dengan uji hipotesis t hitung = -4,766 dan t tabel 2,064. Maka pada t hitung < t tabel sehingga Ho ditrima dan Ha ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kubus rukun pada pembelajaran PPKn secara signifikan tidak meningkatkan hasil belajar. Temuan ini menyarankan bahwa penerapan media kubus rukun tidak dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di sekolah dasar

Downloads

Published

2024-12-05

How to Cite

Septiasari, D. R. A., Asy'ari, L., & Hakim, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Kubus Rukun Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Ppkn Siswa Kelas IV SDS Muhamadiyah 5 Garut Kota. Bale Aksara , 5(1), 43–51. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara/article/view/2152

Issue

Section

Articles