Transformasi Pembelajaran dengan Deep Learning: Studi Literatur Terhadap Inovasi Pembelajaran Masa Kini

Authors

  • Fitri Nuranggraeni Institut Pendidikan Indonesia
  • Nabella Alani Institut Pendidikan Indonesia

Keywords:

Deep Learning, Inovasi Pendidikan, Transformasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan teknologi deep learning dalam transformasi pembelajaran di era pendidikan modern. Dengan menggunakan metode studi literatur, artikel ini melakukan tinjauan terhadap berbagai penelitian yang mengkaji penerapan deep learning dalam konteks pendidikan di Indonesia. Fokus utamanya mencakup aspek-aspek seperti personalisasi pembelajaran, prediksi kinerja siswa, serta inovasi pembelajaran bagi siswa dari tingkat sekolah dasar hingga menengah. Hasil analisis literatur menunjukkan bahwa teknologi deep learning memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan model pembelajaran adaptif, yang memungkinkan proses belajar menjadi lebih efisien dan relevan dengan kebutuhan siswa. Selain itu, teknologi ini juga berperan penting dalam membantu guru untuk mengembangkan pola pikir inovatif dan adaptif seiring dengan perubahan zaman. Namun, meskipun potensi yang dimiliki oleh deep learning sangat besar, implementasinya di lapangan masih menghadapi sejumlah tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan kesiapan infrastruktur di sekolah-sekolah. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk mengoptimalkan penerapan deep learning dalam pendidikan di Indonesia, diperlukan dukungan dari berbagai pihak, termasuk pengembangan kapasitas guru dan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai.

Downloads

Published

2025-03-24

How to Cite

Nuranggraeni, F., & Alani, N. (2025). Transformasi Pembelajaran dengan Deep Learning: Studi Literatur Terhadap Inovasi Pembelajaran Masa Kini. Bale Aksara , 6(1), 16–22. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/baleaksara/article/view/2583

Issue

Section

Articles