Caraka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah

Jurnal Caraka dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan hasil penelitian mengenai pendidikan bahasa dan sastra Indonesia serta bahasa daerah. Jurnal Caraka menerbitkan makalah ilmiah yang berfokus pada pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia dan daerah di lingkungan sekolah mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan universitas. Ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktek, memberikan informasi, ide dan pendapat. Sebagai jurnal nasional, jurnal Caraka menerima kontribusi dari berbagai daerah dan institusi mana pun asalkan penulis menjelaskan konteks dan menunjukkan pentingnya penelitian dalam implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal Caraka peduli dengan pendidikan bahasa Indonesia tetapi juga menyambut baik naskah tentang integrasi pendidikan bahasa Indonesia dengan disiplin lain. Kiriman yang berkaitan dengan terapan bahasa (berbeda dengan pendidikan bahasa Indonesia) atau dengan masalah pendidikan umum tidak akan dipertimbangkan untuk dipublikasi dalam jurnal ini.

Judul TerbitanCaraka
AkreditasiBelum terakreditasi (saat ini)
Frekuensi TerbitTiga terbitan per tahun (April, Agustus, dan Desember)
E-ISSNBelum ada (saat ini)
P-ISSN2089-8959
Editor-in-chiefZoni Sulaiman
PublisherProgram Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Pendidikan Indonesia
Analisis SitasiGoogle Scholar

Journal Homepage Image

Announcements

 

Call for papers [Vol 9, No.1(2023)]

 

Kami mencari kiriman artikel yang membahas (batas waktu: 30 Maret 2023):

  1. Pengalaman guru bahasa Indonesia dan daerah dalam mengajarkan membaca dan menulis dalam konteks pembelajaran bahasa.
  2. Penggunaan intervensi tertentu yang berkaitan dengan model dan strategi pembelajaran dalam konteks pembelajaran dan pengajaran bahasa Indonesia dan daerah untuk meningkatkan beberapa keterampilan berpikir seperti keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
  3. Hubungan literasi bahasa Indonesi dan daerah dan literasi disiplin lain dalam konteks pembelajaran bahasa.
  4. Analisis buku teks yang berkaitan dengan menganalisis beberapa representasi baik dalam buku teks bahasa Indonesia dan daerah, seperti representasi gender.
 
Posted: 2022-10-03
 
More Announcements...

Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Caraka

Table of Contents

Articles

Dede Darusman
PDF
71-79
Rustandi Harun
PDF
80-93
Priadi Memet
PDF
94-108
Dadan Darusalam
PDF
61-70
Lilis Hartini, Ninah Hasanah
PDF
108-132