PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDIT AL-IKHLAS SAMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1076Keywords:
Pendekatan kontekstual berbantuan media relia, Kemampuan pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan media realia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan model pretest dan posttest yaitu melibatkan dua kelas. Sampel ditentukan secara purposive sampling, dengan siswa kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan 2B sebagai kelas kontrol. Hasil dari perhitungan statistik diketahui bahwa t_hitung sebesar 8,682 dengan taraf signifikansi 5% (a = 0,05) diketahui sebesar 2,025. Jika t_hitung > t_tabel maka Hο ditolak dan Hα diterima. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual berbantuan media relia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemamampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan siswa kelas 2 SDIT Al-Ikhlas Samarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.