PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDIT AL-IKHLAS SAMARANG

Authors

  • Ejen Jenal Mutaqin Institut Pendidikan Indonesia
  • Eko Fajar Suryaningrat Institut Pendidikan Indonesia
  • Firda Fauziyah Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1076

Keywords:

Pendekatan kontekstual berbantuan media relia, Kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pendekatan kontekstual berbantuan media realia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan model pretest dan posttest yaitu melibatkan dua kelas. Sampel ditentukan secara purposive sampling, dengan siswa kelas 2A sebagai kelas eksperimen dan 2B sebagai kelas kontrol. Hasil dari perhitungan statistik diketahui bahwa t_hitung sebesar 8,682   dengan taraf signifikansi 5% (a = 0,05) diketahui sebesar 2,025. Jika t_hitung > t_tabel  maka Hο ditolak dan Hα diterima. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual berbantuan media relia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemamampuan pemecahan masalah matematika pada materi pecahan siswa kelas 2 SDIT Al-Ikhlas Samarang.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Mutaqin, E. J., Suryaningrat, E. F., & Fauziyah, F. (2024). PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS 2 SDIT AL-IKHLAS SAMARANG. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 79–88. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1076