PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 5 CIKONDANG GARUT

Authors

  • Aceng Ahmad Rodian Susila Institut Pendidikan Indonesia
  • Eva Rahmat SMPN 1 Cisompet
  • Irdam Denni Institut Pendidikan Indonesia
  • Demmy Dharma Bhakti Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1215

Keywords:

Audio Visual, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar kelas V SDN 5 Cikondang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain eksperimen adalah one group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 Cikondang  yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan awal siswa sebelum menerapkan media audio visual pada materi sumber daya alam dan kegiatan manusia; adalah 55,67 berada dalam kategori rendah sehingga sebagian besar peserta didik dinyatakan belum memenuhi KKM; 2) Kemampuan akhir siswa setelah menerapkan media audio visual pada materi sumber daya alam dan kegiatan manusia, adalah 79,33 berada dalam kategori tinggi sehingga sebagian besar peserta didik dinyatakan memenuhi KKM; dan 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan media audio visual pada materi sumber daya alam dan kegiatan manusia, adalah sebesar 0,54, merujuk pada interpretasi gain, peningkatan kompetensi pada kelas Eksperimen tersebut termasuk dalam kategori sedang

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Susila, A. A. R., Rahmat, E., Denni, I., & Bhakti, D. D. (2024). PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 5 CIKONDANG GARUT. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 99–107. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1215