PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 5 CIKONDANG GARUT
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1215Keywords:
Audio Visual, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan AlamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar kelas V SDN 5 Cikondang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain eksperimen adalah one group pretest-postest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 5 Cikondang yang berjumlah 30 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan awal siswa sebelum menerapkan media audio visual pada materi sumber daya alam dan kegiatan manusia; adalah 55,67 berada dalam kategori rendah sehingga sebagian besar peserta didik dinyatakan belum memenuhi KKM; 2) Kemampuan akhir siswa setelah menerapkan media audio visual pada materi sumber daya alam dan kegiatan manusia, adalah 79,33 berada dalam kategori tinggi sehingga sebagian besar peserta didik dinyatakan memenuhi KKM; dan 3) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan media audio visual pada materi sumber daya alam dan kegiatan manusia, adalah sebesar 0,54, merujuk pada interpretasi gain, peningkatan kompetensi pada kelas Eksperimen tersebut termasuk dalam kategori sedang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.