PENGARUH MEDIA SIKLAR PADA MATERI SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN RAHAYU KECAMATAN MANGKUBUMI

Authors

  • Aldzira Gustianova Universitas Muhammadiyay Tasikmalaya
  • Mohammad Fahmi Nugraha Univeristas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rikha Surtika Dewi Univeristas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1328

Keywords:

Media Pembelajaran, Siklus Air, Articulate Storyline 3

Abstract

Abstrak: Berdasarkan data yang didapat dari hasil survey yang dilakukan oleh PISA (Programme for International Student Assessment) tahun 2000 sampai 2018 dalam Fetra Bonita Sari, Risda Amini (2020) menyatakan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara dengan literasi yang rendah. Keterlibatan media pembelajaran berbasis teknologi berperan penting dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran IPA menjadi salah satu pembelajaran yang perlu keterlibatan media pembelajaran di dalamnya. Di tengah perkembangan zaman ini, media pembelajaran yang interaktif menjadi pilihan untuk digunakan sebagai media pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pada peserta didik kelas 5 di SDN Rahayu dengan memberikan perlakuan berupa media pembelajaran Siklar pada materi Siklus Air. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen yang menjadikan peserta didik kelas 5 di SDN Rahayu sebagai sampel penelitian yang dilakukan. Proses pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan kegiatan observasi, wawancara, dokumentasi dan kegiatan pretest-posttest. Penelitian yang telah dilakukan ini adalah hasil bahwa penggunaan media pembelajaran Siklar Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Siklus Air berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 5 di SDN Rahayu.
Kata Kunci: Articulate Storyline 3, Media Pembelajaran, Siklus Air

 

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Gustianova, A., Nugraha, M. F., & Dewi, R. S. (2024). PENGARUH MEDIA SIKLAR PADA MATERI SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SDN RAHAYU KECAMATAN MANGKUBUMI. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 108–113. https://doi.org/10.31980/caxra.v4i2.1328