PENGARUH PEMBELAJARAN PIANO POP GRADE I TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dea Asri Pujiasti Institut Pendidikan Indonesia
  • Fitri Ayu Febrianti Institut Pendidikan Indonesia
  • Zaenal Abidin Institut Pendidikan Indonesia
  • Rohani Institut Pendidikan Indonesia
  • Karantiano Sadasa Putra Institut Pendidikan Indonesia
  • Lutfi Asyari Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.1798

Keywords:

Grade I Pop Piano, Creative Thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran piano pop grade I terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V di MI Miftahul Anwar. Design yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre test and post test. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Miftahul Anwar yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa, angket yang berjumlah 10 pernyataan, dan lembar observasi selama treatment berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berfikir kreatif siswa sebelum menggunakan media piano pop grade I adalah 54,75.  Setelah dilakukan treatment yakni penggunaan piano pop grade I, rata-rata kemampuan berfikir kreatif siswa adalah 72,75. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis kemampuan berikir kreatif siswa menggunakan uji-t yakni paired sample T test dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan thitung sebesar 22,22 dan ttabel sebesar 1,833. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh pembelajaran piano pop grade I terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Pujiasti, D. A., Febrianti, F. A., Abidin, Z., Rohani, Putra, K. S., & Asyari, L. (2025). PENGARUH PEMBELAJARAN PIANO POP GRADE I TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DI SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 198–206. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.1798

Issue

Section

Articles