PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN PAK KUMIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SDN SUKATANI
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2258Keywords:
Model Permainan Pak Kumis, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model permainan Pak Kumis untuk pembelajaran IPS kelas IV guna meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN Sukatani. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan model Borg and Gall yang diadaptasi Sugiyono melalui sepuluh tahapan. Sampel diambil secara simple random sampling dari 3 sekolah, melibatkan 6 peserta didik SDN Cinunjang (uji coba kecil), 12 peserta didik SDN Condong (uji coba besar), dan 23 peserta didik SDN Sukatani (uji coba pemakaian). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket validasi. Hasil menunjukkan model Pak Kumis memiliki kriteria sangat baik dari segi permainan, media, bahasa, materi, dan respon peserta didik. Skor validasi ahli berkisar antara 3,90-4,00. Uji efektivitas menunjukkan kelas kontrol memiliki N-Gain 0,14 (tidak efektif), sedangkan kelas eksperimen mencapai N-Gain 0,76 (efektif). Model permainan Pak Kumis terbukti mampu meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik secara signifikan.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.