ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERILAKU BULYYING DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2271Keywords:
BullyingAbstract
Bullying di sekolah dasar merupakan permasalahan serius yang dapat berdampak jangka panjang terhadap perkembangan psikologis, sosial, dan akademik anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying melalui studi literatur terhadap artikel-artikel ilmiah dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa perilaku bullying dipengaruhi oleh empat faktor utama, yaitu faktor individu (rendahnya empati dan kebutuhan dominasi), keluarga (pola asuh otoriter dan konflik rumah tangga), lingkungan sekolah (kurangnya pengawasan dan budaya permisif terhadap kekerasan), serta pengaruh media (paparan konten kekerasan). Keempat faktor ini saling berkaitan dan menciptakan kondisi yang mendukung terjadinya bullying. Studi ini menekankan pentingnya kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan bullying melalui edukasi, pengawasan, dan pembentukan lingkungan yang aman dan suportif bagi anak. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar perumusan strategi intervensi yang lebih efektif di tingkat sekolah dasar.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.