ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERILAKU BULYYING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mohamad Ramdan Institut Pendidikan Indonesia
  • Rahma Novianti Institut Pendidikan Indonesia
  • Maulida Aulia Rahman Institut Pendidikan Indonesia
  • Neni Nadhiroti Muslihah Institut Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Nurjamaludin Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2271

Keywords:

Bullying

Abstract

Bullying di sekolah dasar merupakan permasalahan serius yang dapat berdampak jangka panjang terhadap perkembangan psikologis, sosial, dan akademik anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku bullying melalui studi literatur terhadap artikel-artikel ilmiah dalam lima tahun terakhir. Hasil kajian menunjukkan bahwa perilaku bullying dipengaruhi oleh empat faktor utama, yaitu faktor individu (rendahnya empati dan kebutuhan dominasi), keluarga (pola asuh otoriter dan konflik rumah tangga), lingkungan sekolah (kurangnya pengawasan dan budaya permisif terhadap kekerasan), serta pengaruh media (paparan konten kekerasan). Keempat faktor ini saling berkaitan dan menciptakan kondisi yang mendukung terjadinya bullying. Studi ini menekankan pentingnya kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan bullying melalui edukasi, pengawasan, dan pembentukan lingkungan yang aman dan suportif bagi anak. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar perumusan strategi intervensi yang lebih efektif di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Ramdan, M., Novianti, R., Rahman, M. A., Muslihah, N. N., & Nurjamaludin, M. (2025). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERILAKU BULYYING DI SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 181–189. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2271

Issue

Section

Articles