STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KATEGORI CERDAS DAN BAKAT ISTIMEWA (CIBI): TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Indah Permata Sari Institut Pendidikan Indonesia Garut
  • Ejen Jenal Mutaqin Institut Pendidikan Indonesia
  • Nabella Alani Institut Pendidikan Indonesia
  • De Budi Irwan Taofik Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2282

Keywords:

Children with Special Needs, Special Intelligence, Special Talent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran yang tepat bagi anak berkebutuhan khusus kategori cerdas istimewa dan bakat istimewa (CIBI). Melalui metode studi literatur, artikel ini mengkaji karakteristik anak CIBI, pendekatan pembelajaran yang sesuai, serta peran lingkungan dalam mendukung perkembangan mereka. Hasil menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi, strategi aktif berbasis pengalaman, serta dukungan kolaboratif dari guru dan orang tua sangat penting dalam mengoptimalkan potensi anak CIBI. Pendekatan yang adaptif dan responsif dibutuhkan agar anak-anak berbakat dapat berkembang secara akademik, sosial, dan emosional dalam lingkungan yang inklusif. Temuan ini memberikan implikasi bagi pengembangan kurikulum, pelatihan guru, dan kebijakan pendidikan untuk menjamin pemenuhan hak belajar anak-anak dengan kemampuan luar biasa.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Sari, I. P., Mutaqin, E. J., Alani, N., & Taofik, D. B. I. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KATEGORI CERDAS DAN BAKAT ISTIMEWA (CIBI): TINJAUAN LITERATUR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 259–264. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2282

Issue

Section

Articles