KAJIAN LITERATUR: KETERGANTUNGAN SISWA TERHADAP TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2289Keywords:
Technology, Dependency, GadgetsAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran siswa. Gadget seperti smartphone dan tablet kini menjadi bagian dari aktivitas belajar sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab ketergantungan siswa terhadap teknologi serta mengevaluasi peran guru dan orang tua dalam membimbing penggunaan teknologi secara bijak. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 10 jurnal terbitan tahun 2020–2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi memiliki dua sisi: positif jika digunakan secara terarah untuk mendukung pembelajaran, dan negatif jika digunakan secara berlebihan tanpa kontrol, karena dapat menurunkan motivasi serta konsentrasi siswa. Kurangnya pengawasan orang tua dan guru menjadi faktor utama penyebab ketergantungan ini. Oleh karena itu, sinergi antara sekolah dan rumah sangat penting dalam mengarahkan siswa agar memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu belajar, bukan sebagai sumber distraksi.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.