KAJIAN LITERATUR: KETERGANTUNGAN SISWA TERHADAP TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Fitri Ayu Febrianti Institut Pendidikan Indonesia
  • Mu'ti Abdilah Institut Pendidikan Indonesia
  • Demmy Dharma Bhakti Institut Pendidikan Indonesia
  • Irdam Denni Institut Pendidikan Indonesia
  • Aceng Ahmad Rodian Susila Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2289

Keywords:

Technology, Dependency, Gadgets

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses pembelajaran siswa. Gadget seperti smartphone dan tablet kini menjadi bagian dari aktivitas belajar sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor penyebab ketergantungan siswa terhadap teknologi serta mengevaluasi peran guru dan orang tua dalam membimbing penggunaan teknologi secara bijak. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) terhadap 10 jurnal terbitan tahun 2020–2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi memiliki dua sisi: positif jika digunakan secara terarah untuk mendukung pembelajaran, dan negatif jika digunakan secara berlebihan tanpa kontrol, karena dapat menurunkan motivasi serta konsentrasi siswa. Kurangnya pengawasan orang tua dan guru menjadi faktor utama penyebab ketergantungan ini. Oleh karena itu, sinergi antara sekolah dan rumah sangat penting dalam mengarahkan siswa agar memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu belajar, bukan sebagai sumber distraksi.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Febrianti, F. A., Abdilah, M., Bhakti, D. D., Denni, I., & Susila, A. A. R. (2025). KAJIAN LITERATUR: KETERGANTUNGAN SISWA TERHADAP TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 274–280. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2289

Issue

Section

Articles