PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN CISASAH KECAMATAN CIKALONG

Authors

  • Dimas Robi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Wan Ridwan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2341

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II SDN Cisasah, Kecamatan Cikalong. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan desain non-equivalent control group, dengan 22 siswa sebagai subjek yang dibagi menjadi dua kelompok: eksperimen (11 siswa) dan kontrol (11 siswa), dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan tes. Hasil menunjukkan metode multisensori memiliki dampak positif signifikan. Skor rata-rata pre-test kelompok eksperimen meningkat dari 82,045 menjadi 97,273, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 79,545 menjadi 91,159. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov pada SPSS menunjukkan semua data (pre-test dan post-test) tidak terdistribusi normal dengan nilai signifikansi <0,05. Hal ini menguatkan efektivitas metode multisensori dibanding metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Robi, D., Nurfitriani, M., & Ridwan, W. (2025). PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN CISASAH KECAMATAN CIKALONG. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 17–27. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2341

Issue

Section

Articles