PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Viona Damai Yanti Universitas Esa Unggul
  • Alberth Supriyanto Manurung Universitas Esa Unggul
  • Mujazi Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Pop-Up Book terhadap minat belajar siswa kelas V di SDN Jati Mulya 06. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei eksplanatori. Sampel terdiri dari 27 siswa yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa angket 20 item berskala Likert, divalidasi melalui penilaian ahli dan analisis faktor eksploratori (KMO = 0,82; varian terjelaskan = 65%), serta menunjukkan reliabilitas tinggi (α = 0,82). Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS 26 melalui uji normalitas, korelasi Pearson, regresi linear sederhana, dan uji-t parsial. Hasil menunjukkan bahwa Pop-Up Book berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa (thitung = 5,036 > ttabel = 2,059; p = 0,000 < 0,05). Koefisien determinasi (R² = 0,802) menandakan bahwa penggunaan Pop-Up Book menjelaskan 80,2% variasi minat belajar siswa. Temuan ini menegaskan bahwa Pop-Up Book efektif sebagai media konkret-visual untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Yanti, V. D., Manurung, A. S., & Mujazi. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 395–400. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2373

Issue

Section

Articles