IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erni Yanti STKIP Taman Siswa Bima
  • Adi Apriadi Adiansha STKIP Taman Siswa Bima
  • Nur Nandita STKIP Taman Siswa Bima
  • Ruri Hardianty STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2482

Keywords:

Project based learning approach, Students collaboration skills, Elementary school

Abstract

Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan Project-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas 6 SDN Rabakodo. Kemampuan kerja sama sangat penting di sekolah dasar karena mendukung keberhasilan belajar dan interaksi sosial. Metode kualitatif digunakan dengan melibatkan 20 siswa dari berbagai latar belakang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas selama proses pembelajaran berbasis proyek. Analisis data deskriptif mengungkap perubahan dalam aspek komunikasi, koordinasi, pembagian tugas, dan penyelesaian masalah dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project-Based Learning secara signifikan meningkatkan interaksi positif antar siswa, memperkuat sikap saling menghargai, dan meningkatkan kemampuan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kesimpulan ini menyimpulkan bahwa Project-Based Learning efektif untuk mengembangkan kerja sama siswa sekaligus memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran yang lebih kolaboratif dan aplikatif di sekolah dasar.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Yanti, E., Adiansha, A. A., Nandita, N., & Hardianty, R. (2025). IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR . CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 28–35. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2482

Issue

Section

Articles