IMPLEMENTASI PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2482Keywords:
Project based learning approach, Students collaboration skills, Elementary schoolAbstract
Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan Project-Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa kelas 6 SDN Rabakodo. Kemampuan kerja sama sangat penting di sekolah dasar karena mendukung keberhasilan belajar dan interaksi sosial. Metode kualitatif digunakan dengan melibatkan 20 siswa dari berbagai latar belakang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi aktivitas selama proses pembelajaran berbasis proyek. Analisis data deskriptif mengungkap perubahan dalam aspek komunikasi, koordinasi, pembagian tugas, dan penyelesaian masalah dalam kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Project-Based Learning secara signifikan meningkatkan interaksi positif antar siswa, memperkuat sikap saling menghargai, dan meningkatkan kemampuan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Kesimpulan ini menyimpulkan bahwa Project-Based Learning efektif untuk mengembangkan kerja sama siswa sekaligus memberikan kontribusi pada pengembangan model pembelajaran yang lebih kolaboratif dan aplikatif di sekolah dasar.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.