PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD 3 PEGANJARAN

Authors

  • Ambar Pristiyana Universitas Muria Kudus
  • Yuni Ratnasari Universitas Muria Kudus
  • Oktri Suhartati SDN 3 Peganjaran
  • Suwarni SDN 3 Peganjaran

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2568

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Think Pair Share (TPS)

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas permasalahan capaian hasil belajar matematika siswa kelas I SD 3 Peganjaran yang masih di bawah harapan. Hasil belajar yang diharapkan belum mencapai presentase ketuntasan klasikal, yaitu 75%. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang dijadikan fokus penelitian ini adalah 16 siswa kelas I SD 3 Peganjaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa, dengan ketuntasan mengalami peningkatan dari 31,25% pada pra-siklus, 50% pada siklus pertama, dan 81,25% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD 3 Peganjaran, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Pristiyana, A., Ratnasari, Y., Suhartati, O., & Suwarni. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD 3 PEGANJARAN. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 36–48. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2568

Issue

Section

Articles