PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD 3 PEGANJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2568Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Think Pair Share (TPS)Abstract
Penelitian ini didasarkan atas permasalahan capaian hasil belajar matematika siswa kelas I SD 3 Peganjaran yang masih di bawah harapan. Hasil belajar yang diharapkan belum mencapai presentase ketuntasan klasikal, yaitu 75%. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS). Metode yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berdasarkan model Kurt Lewin, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek yang dijadikan fokus penelitian ini adalah 16 siswa kelas I SD 3 Peganjaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa, dengan ketuntasan mengalami peningkatan dari 31,25% pada pra-siklus, 50% pada siklus pertama, dan 81,25% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD 3 Peganjaran, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran inovatif.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.