PERAN VIDEO PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR DI SDN 01 PAUH
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2592Keywords:
Pendidikan:, Sekolah DasarAbstract
Kemajuan teknologi yang pesat telah memengaruhi dunia pendidikan, khususnya melalui penggunaan media audio-visual seperti video. Penelitian ini mengeksplorasi peran media video dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes pemahaman, dan dokumentasi terhadap 21 peserta didik kelas VI di SDN 01 Pauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis video berdampak positif terhadap keterlibatan peserta didik: 85% peserta didik menonton dengan saksama dan memahami materi dengan baik, sementara 15% mengalami sedikit kesulitan dalam pemahaman. Kehadiran video membuat proses belajar lebih interaktif, menyenangkan, dan memotivasi, sehingga mendorong partisipasi aktif peserta didik. Oleh karena itu, media audio-visual seperti video dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.