PERAN VIDEO PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR DI SDN 01 PAUH

Authors

  • Delima Aulia Universitas Negeri Padang
  • Cici Wulandari Universitas Negeri Padang
  • Adrias Universitas Negeri Padang
  • Fadila Suciana Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2592

Keywords:

Pendidikan:, Sekolah Dasar

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat telah memengaruhi dunia pendidikan, khususnya melalui penggunaan media audio-visual seperti video. Penelitian ini mengeksplorasi peran media video dalam meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes pemahaman, dan dokumentasi terhadap 21 peserta didik kelas VI di SDN 01 Pauh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis video berdampak positif terhadap keterlibatan peserta didik: 85% peserta didik menonton dengan saksama dan memahami materi dengan baik, sementara 15% mengalami sedikit kesulitan dalam pemahaman. Kehadiran video membuat proses belajar lebih interaktif, menyenangkan, dan memotivasi, sehingga mendorong partisipasi aktif peserta didik. Oleh karena itu, media audio-visual seperti video dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Aulia, D., Wulandari, C., Adrias, A., & Suciana, F. (2025). PERAN VIDEO PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES BELAJAR DI SDN 01 PAUH. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 61–69. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2592

Issue

Section

Articles