PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS 3 SDN BANJARAN 4 MELALUI MEDIA POWER POINT INTERAKTIF

Authors

  • Lusi Noviana Dewi Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Ika Santia Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Tanto Hermawan SDN Banjaran 4 Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2594

Keywords:

Interactive Power Point, Learning Media

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik melalui penggunaan media PowerPoint Interaktif pada mata pelajaran Matematika materi “Menyajikan Data dalam Tabel” di kelas IIIA SDN Banjaran 4. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya capaian hasil belajar, di mana 5 dari 24 peserta didik belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 78. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik pada setiap siklus, serta peningkatan jumlah peserta didik yang mencapai KKTP. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media PowerPoint Interaktif efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik, khususnya pada materi penyajian data dalam bentuk tabel.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Dewi, L. N., Santia, I., & Hermawan, T. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS 3 SDN BANJARAN 4 MELALUI MEDIA POWER POINT INTERAKTIF. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 70–80. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2594

Issue

Section

Articles