PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Risma Nuriyanti Institut Pendidikan Indonesia
  • Sheika Intan Subagja Institut Pendidikan Indonesia
  • Yennie Indriati Widyaningsih Institut Pendidikan Indonesia
  • Siti Nurkamilah Institut Pendidikan Indonesia
  • Fitri Ayu Febrianti Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2601

Keywords:

Flashcard, bahasa indonesia, kosakata, penguasaan, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya penguasaan kokata siswa. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh media flashcard terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 1 sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan one group pretest-posttest design, sample yang diambil yaitu kelas 1A yang berjumlah 15 siswa  dengan menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosakata siswa yang dilihat dari perolehan nilai rata-rata pretest yakni 65,667, mengalami peningkatan pada postest yakni 84,667. Selain itu hasil uji t menunjukkan  ttabel 2,145 lebih kecil dari thitung 5,729. Maka dapat dismpulkan bahwa media flashcard berpengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa kelas 1 sekolah dasar

 

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Nuriyanti, R., Subagja, S. I., Widyaningsih, Y. I., Nurkamilah, S., & Febrianti, F. A. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA KELAS I SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 81–88. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2601

Issue

Section

Articles