PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nabella Alani Institut Pendidikan Indonesia
  • Ejen Jenal Mutaqin Institut Pendidikan Indonesia
  • Eko Fajar Suryaningrat Institut Pendidikan Indonesia
  • Tina Sri Sumartini Institut Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2608

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Pendekatan Pembelajaran, Open Ended, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Pendekatan yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian mencakup seluruh siswa kelas IV A dan IV B di salah satu SDIT di Garut, dengan total sampel sebanyak 40 siswa dari kedua kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (i) penerapan pendekatan open ended memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, dan (ii) pendekatan ini juga terbukti mampu meningkatkan kemampuan tersebut. Hal ini ditunjukkan melalui hasil uji N-gain yang memperoleh skor sebesar 0,51, yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Alani, N., Mutaqin, E. J., Suryaningrat, E. F., & Sumartini, T. S. (2025). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 89–102. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2608

Issue

Section

Articles