PENINGKATAN PENGENALAN SUKU KATA MELALUI MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PAPAN BACA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 SADANG

Authors

  • Fatimah Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus
  • Nur Hadi Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2683

Keywords:

Scramble, Reading Board

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD 1 Sadang pada materi mengenal suku kata melalui penerapan model pembelajaran scramble berbasis media papan baca. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas 1, terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari prasiklus ke siklus II. Pada tahap prasiklus, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 56,45 dengan ketuntasan 30%. Setelah penerapan model scramble berbasis media papan baca, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,05 dengan ketuntasan 55% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,2 dengan ketuntasan 80% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran scramble berbasis media papan baca terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal dan menyusun suku kata pada peserta didik.

Downloads

Published

2025-06-07

How to Cite

Fatimah, Siti Masfuah, & Nur Hadi. (2025). PENINGKATAN PENGENALAN SUKU KATA MELALUI MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PAPAN BACA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 SADANG. CaXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(1), 103–112. https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2683

Issue

Section

Articles