PENINGKATAN PENGENALAN SUKU KATA MELALUI MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PAPAN BACA PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 SADANG
DOI:
https://doi.org/10.31980/caxra.v5i1.2683Keywords:
Scramble, Reading BoardAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1 SD 1 Sadang pada materi mengenal suku kata melalui penerapan model pembelajaran scramble berbasis media papan baca. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas 1, terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari prasiklus ke siklus II. Pada tahap prasiklus, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 56,45 dengan ketuntasan 30%. Setelah penerapan model scramble berbasis media papan baca, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 70,05 dengan ketuntasan 55% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80,2 dengan ketuntasan 80% pada siklus II. Penerapan model pembelajaran scramble berbasis media papan baca terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal dan menyusun suku kata pada peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.